inspirasi

Belasan Tahun Perjalanan Karir Perempuan Inspiratif Sepanjang Masa, ini Fakta Tentang Najwa Shihab

Oleh -

“Agustus penghabisan”, begitu kata Najwa Shihab ketika mengumumkan pengunduran dirinya di akun Instagram pribadinya dari salah satu talkshow ternama Indonesia yang membawa namanya. Bahkan yang bukan pecinta berita pun pasti mengenal nama Najwa Shihab karena Nana, panggilan akrab Najwa Shihab, bisa membahas isu politik dengan ringan dan diselingi humor lho. Pasti kamu terkejut tentang berhentinya Najwa Shihab, yuk kita simak fakta-fakta Najwa Shihab berikut ini!

1. Sudah 16 tahun lamanya sejak 2001, jurnalis cantik ini berkarir di pertelevisian Indonesia.

Hebatnya, sudah belasan bahkan puluhan narasumber berpengaruh di Indonesia diwawancarai Nana.

2. Sama-sama cerdas, Najwa Shihab adalah anak cendekiawan muslim Quraish Shihab.

3. Seperti yang dilansir dari bina-antarbudaya.or.id, Najwa Shihab terpilih mengikuti program ASF pada waktu SMA selama satu tahun.

Program ASF dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya.

4. Perempuan pintar jebolan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini lebih memilih karir di bidang yang sangat ia minati yaitu jurnalistik.

5. Penghargaan pertama yang begitu membanggakan bagi Nana adalah dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya pada tahun 2005 sebagai apresiasi atas liputannya mengenai bencana tsunami Aceh.

6. Menjadi perempuan inspiratif Indonesia, pada tahun 2016 Elle Magazine memberikan penghargaan sebagai The Influential Woman of The Year.

7. Menjadi perempuan inspiratif bagi Indonesia sekaligus bagi anak semata wayangnya, Izzat Assegaf yang jarang muncul di media.

8. Perjalanan karir Najwa Shihab digambarkan di buku Mantra Layar Kaca karya Fenty Effendy. Najwa Shihab sendiri juga menulis buku berjudul Catatan Najwa yang rilis tahun 2016.

9. Najwa Shihab terpilih jadi Duta Baca Indonesia 2016-2020 yang diharapkan jadi panutan dan memotivasi masyarakat akan kecintaan pada budaya membaca.

Selain itu, Najwa Shihab juga dipilih menjadi Duta Pustaka Bergerak dan telah meluncurkan Vespa Pustaka Bergerak Tanah Ombak di Purus, Padang, Sumatra Barat.

Itu tadi fakta-fakta tentang Najwa Shihab yang perlu kamu ketahui. Najwa Shihab memang menginspirasi banyak masyarakat yang membuat namanya selalu dikenang dan dibanggakan. Wah, jadi kepingin ngikutin kesuksesan Najwa Shihab nih. Next

Apakah Kamu Setuju?