Seleb Indonesia

7 Fakta Mengejutkan di Balik Kematian Yana Zein, Bikin Nyesek

Oleh -

Kabar kepergian artis senior, Yana Zein menghadap sang pencipta rasanya wajar jika membuat masyarakat terkejut. Sebab ketika ditemui awak media di Bandara Soerkarno-Hatta sepulang berobat dari Tiongkok pada Minggu, 28 Mei 2017 lalu, ibu dari 2 orang anak ini mengaku kondisi kesehatannya sudah mencapai 75-80 persen.

Wajahnya pun terlihat lebih segar dibanding saat ia berangkat berobat sekitar 4 bulan lalu. Tapi siapa sangka, hanya beberapa hari setelah sampai di tanah ait, kondisi kesehatan Yana langsung drop seketika. Ia dilarikan ke rumah sakit Mayapada, Jakarta Selatan dan mengalami koma hingga menghembuskan nafas terakhir pada Kamis, 1 Juni 2017. Lalu, apa saja fakta sebenarnya dibalik kematian Yana Zein yang cukup memilukan hati?

1. Habiskan biaya hingga milyaran rupiah untuk pengobatan di China

Sebelumnya tersiar kabar bahwa Yana menjalani pengobatan di Modern Cancer Hospital Guangzhou, China secara gratis. Tapi rupanya, kabar tersebut tidak benar. Bahkan biaya pengobatan Yana menghabiskan dana hingga mencapai milyaran rupiah.

2. Menyembunyikan kondisi kesehatan yang sebenarnya

Sepulang berobat dari China, Yana mengaku bahwa kondisi kesehatannya kini sudah mencapai 75 hingga 80 persen. Penampilannya yang terlihat lebih sehat dan segar daripada sebelumnya semakin menguatkan pernyataan Yana tersebut dan membuat orang-orang percaya. Tapi ternyata, semua itu hanya bohong belaka. Yana menyembunyikan perihal kondisi kesehatan yang sebenarnya agar kedua puterinya merasa senang bisa melihat sang ibunda sehat kembali. Sesampainya di bandara, Yana segera berdandan agar wajahnya terlihat cantik saat bertemu keluarga dan menghadapi awak media yang menanyinya.

3. Sempat putus asa dan semakin manja

Sebelum Yana menghembuskan nafas terakhir, asistennya, Nita mengaku telah merasakan pertanda bahwa artis cantik itu akan pergi untuk selamanya. Sebelum pulang ke Indonesia, Yana sempat meminta Nita untuk memeluknya saat ia sedang menonton. Ibu dari 2 anak itu juga sempat mengeluh capek dengan apa yang kini dijalaninya. Sedangkan sesampainya di tanah air, Yana bersikap semakin manja. Ia beberapa kali meminta Nita untuk memijatnya, dibelai kakinya, disuap saat makan, hingga merasa takut tidur sendiri.

4. Tidak punya biaya untuk mengurus jenazah

Yana Zein diketahui telah menghabiskan seluruh harta yang dimilikinya untuk melakukan pengobatan. Karena itu setelah Yana menghembuskan nafas terakhir, keluarga sempat kebingungan untuk mengurus jenazah sebab tak punya biaya untuk peti hingga pemakaman. Ibunda Yana pun mengharapkan uluran tangan dari para sahabat agar jenazah puterinya bisa dimakamkan.

5. Suka minum cola

Oli, mantan supir Yana Zein mengungkapkan bahwa wanita yang ia kenal selama 10 tahun itu semasa hidupnya gemar minum cola. Saat syutting Yana selalu mengkonsumsi minuman kesukaannya itu. Bahkan, Oli mengaku jika tidak ada minuman tersebut Yana tidak mau syuting. Padahal menurut penelitian ilmuwan dari University of Texas MD Anderson Centre, gula yang terkandung pada minuman cola dapat membuat wanita terkena kanker payudara jika dikonsumsi secara terus menerus. Setelah meminumnya, resiko terkena kanker payudara akan meningkat hingga 15 persen.

6. Meninggalkan 2 anak gadis yang masih belia

Kepergian Yana menorehkan duka mendalam bagi banyak pihak, terutama keluarga. Pasalnya, Yana kini meninggalkan 2 orang puteri yang masih belia yaitu Aurelia Callista Carilla berumur 13 tahun dan Alika Pandora Salvine berumur 11 tahun. Sedangkan ayah dari kedua anak tersebut telah meninggal dunia tahun 2016 lalu.

7. Terjadi kisruh sebelum jenazah dimakamkan

Yana Zein rencananya akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat, 2 Juni 2017 pukul 13.00 siang dengan tata cara Kristen. Jenazah Yana disemayamkan di rumah duka RS Fatmawati dan diletakkan di dalam peti mati dalam balutan pakaian putih. Namun beberapa saat sebelum jenazah dimakamkan, ayah Yana datang dan meminta puterinya untuk dimakamkan secara Islam. Ibunda Yana yang berada di sana sontak tak setuju dengan permintaan sang mantan suami dan sempat terjadi adu mulut di antara keduanya. Kabar terakhir menyebutkan, jenazah Yana akan dikebumikan secara Islam di TPU di kawasan Cinere, Depok.

Memang tak ada siapapun yang tau kapan kita akan menghadap sang pencipta. Kematian Yana Zein bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tetap berhati-hati dan menjaga kesehatan. Semoga arwah Yana Zein diterima di sisiNya dan keluarga diberi ketabahan atas segala cobaan yang menimpa mereka. Next

Apakah Kamu Setuju?