Entertainment Film inspirasi inspirasi Lentera Seleb Indonesia

Akhirnya Terungkap! Ternyata Ini Rahasia Sinetron “Dunia Terbalik” Sukses Jadi Tayangan Nomor 1 di Indonesia

Oleh -

Larisnya sinetron harian yang ada di Indonesia membuat PH tumbuh seperti jamur di musim hujan. SinemArt adalah salah satu PH dengan penghasil sinetron terbanyak di Indonesia. Sejak dulu sinetron SinemArt mampu membuat stasiun TV meraih rating tinggi dan meraup banyak keuntungan. Tak heran jika SinemArt jadi ajang rebutan oleh beberapa stasiun TV swasta.

Usai SinemArt dibeli oleh SCTV dengan harga fantastic, nyatanya RCTI sebagai stasiun TV yang ditanggalkan masih bisa membuktikan bahwa mereka mampu menayangkan sinetron terbaik untuk masyarakat. Salah satu sinetron terbaik RCTI yang kini masih selalu menduduki rating pertama sejak penayangannya adalah Dunia Terbalik. Rating sientron tersebut bahkan berhasil mengalahkan Anak Langit garapan SinemArt. Lantas apa sih yang membuat sinetron Dunia Terbalik sukses jadi tontonan menarik bagi pemirsa? Berikut selebupdate rangkum alasannya

1. Mengusung tema nyata yang terjadi dalam kehidupan masyarakat

Dunia Terbalik sendiri menggambarkan tentang realitas yang kini sedang menjamur di masyarakat, yaitu adanya perubahan peran antara suami dan istri. Berkisah tentang para istri di Indonesia yang sibuk bekerja sebagai TKW di luar negeri, sementara sang suami menjadi bapak rumah tangga di rumah sambil mengurus anak. Karena tema yang diangkat adalah kejadian nyata yang terjadi dalam masyarakat secara umum, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang lelah dengan tayangan fiksi kehidupan kaum borju yang penuh dengan hal tak masuk akal. Tema ini juga sekaligus menjadi sentilan halus bagi para suami yang tidak bekerja.

2. Alur cerita dan konflik yang sederhana

Dibintangi oleh Agus Kuncoro, Indra Birowo, Sutan Simatupang, Syahnaz Sadiqah, Mieke Amalia, Ryana Dea, dan Idrus Madani, sinetron ini juga memiliki alur yang relatif sederhana. Konflik yang disajikan juga cukup dekat dengan permasalahan sehari-hari yang terjadi dalam masyarakat. Contohnya konflik antar tetangga atau rumah tangga masyarakat Indonesia yang sukses membuat penonton ikut hanyut dalam alur ceritanya.

3. Menjadi sinetron penyegar diantara maraknya sinetron fiksi tak realistis

Sudah jadi cerita umum jika mayoritas sinetron Indonesia selalu mengusung tema dongeng ala Cinderella, antara si kaya dan si miskin yang teraniaya. Belum lagi adegan, cara bicara, hingga konflik yang dihadirkan tidak sesuai dengan yang terjadi dalam kehidupan sebagian besar masyarakat. Tentu saja kehadiran dunia terbalik seolah menjadi oase tersendiri bagi para pecinta sinetron. Rupanya pemirsasudah mulai mengubah selera mereka ke cerita yang lebih realistis.

4. Menghadirkan humor yang mampu mencairkan suasana

Di dunia modern ini bagi mereka yang belum familiar dengan drama Korea, sinetron adalah satu-satunya sumber hiburan penghilang setress bagi masyarakat. Tak heran jika masyarakat mencari tontonan yang memberikan unsur komedi menggelitik yang mampu mencairkan suasana tegang dan penghilang stress. Nah, Dunia Terbalik menawarkan hal tersebut pada pemirsa layar kaca. Ditengah konflik-konflik rumit yang terjadi daam cerita, sinetron ini selalu menyisipkan unsur komedi yang mampu mencairkan suasa tegang.

5. Pantangan menjual kontroversi para aktris dan aktornya

Salah satu strategi untuk meningkatkan rating sebuah tayangan di indonesia adalah dengan membuat gimmick atau dengan menggunakan kontroversi para pemainnya. Dengan adanya gimmick atau kontroversi tersebut maka masyarakat semakin penasaran atas apa yang terjadi, sehingga otomatis akan selalu mengikuti sinetron atau tayangan artis tersebut. Namun hal ini tidak berlaku bagi Dunia Terbalik. Mereka tidak pernah menjual kontroversi para pemainnya hanya demi menaikkan rating semata.

6. Jadi tayangan dengan paket komplit

Dunia Terbalik seakan-akan menjadi tayangan paket komplit bagi para pemirsa layar kaca. Sinetron ini tak hanya menyuguhkan tema yang menarik, konflik, komedi, atau drama tetapi juga pesan-pesan religi positif yang mampu memberikan edukasi bagi pemirsa. Unsur religi yang diangkat juga merupakan hal hal yang sering terjadi di masyarakat Indonesia. Saat kebanyakan sinetron sering dihujat karena hanya mampu memberikan tontonan tanpa tuntunan, Dunia Terbalik melah memberikan semua yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Nah, itu tadi enam alasan mengapa Dunia Terbalik menjadi tayangan Nomor 1 di Indonesia. Selain hal diatas apa sih yang membuat kamu tertarik mengikuti kisah sinetron ini? Next

Apakah Kamu Setuju?