Holywood

Deretan Pemenang OSCAR 2016, Film Mad Max: Fury Road Borong Paling Banyak

Oleh -

Berita Selebritis – Penghargaan paling bergengsi di bidang perfilman, Academy Awards yang ke 88, atau lebih dikenal dengan Penghargaan Piala Oscar tahun 2016 sudah dihelat semalam, pada tanggal 28 Februari 2016. Para nominat0r-nominator yang namanya sudah diumumkan pada Januari lalu sudah berhenti ebrdebar-debar. Meski banyak kejutan di dalam perhelatan Oscar di tahun 2016 ini, namum acara ini bisa dibilang sukses.

Penghargaan tertinggi bagi para pekerja seni di bidang perfilman ini memang sangat ditunggu-tunggu. Penghargaan yang pertama kali diadakan pada tahun 1929 ini memang masih dijadikan patokan tentang sukses atau tidaknya suatu karya film. Penasaran siapa saja pemenangnya? Yuk, intip daftarnya.

Film Terbaik Tahun 2016

Spotlight wins Best Film at Oscar 2106
Spotlight wins Best Film at Oscar 2106 (via Instagram)

Film yang mengusung tema jurnalistik, menceritakan bagaimana wartawan mengungkap sebuah kasus pelecehan anak di Boston ini mampu memenangkan Piala Oscar untuk Kategori Film Terbaik dan Skenario Terbaik pada Academy Awards. Banyak yang beranggapan bahwa Mad Max: Fury Road yang akan menggondol Piala Oscar Kategori Film Terbaik, namun keberuntungan memihak pada film Spotlight.

Akhirnyaaaa!!

Leonardo Dicaprio as Oscar Winner
Leonardo Dicaprio as Oscar Winner (va Instagram)

Akhirnya, setelah menjadi nominasi 5 kali, akhirnya Leonardo berhasil membawa pulang Piala Oscar pertamanya di tahun 2016 ini. Berkat akting gemilangnya di film The Revenant, Leonardo memenangkan predikat Aktor Terbaik di Academy Awards ini. Film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama ini berlatar belakang rahun 1823. Selain Kategori Aktor Terbaik, film ini juga memenangkan Oscar untuk kategori lainnya, loh. Selamat, Leo!

Aktris Terbaik Adalah..

Brie Larson wins Best Actress Oscar 2016
Brie Larson wins Best Actress Oscar 2016 (via Instagram)

Ini adalah pertama kalinya Nama Brie Larson masuk dalam nominasi di Academy Awards, dan Brie Larson langsung berhasil membawa pulang Piala Oscar tersebut. Brie Larson memenangkan Piala Oscar Kategori Aktris Terbaik dalam Academy Awards 2016. Brie memenangkan ini karena akting memukaunya sebagai Joy dalam film drama yang diadaptasi dari novel, Room. Selamat, Brie!

Aktor Pendukung Terbaik

Mark Rilance Wins Best Supporting Actor at Oscar 2016
Mark Rilance Wins Best Supporting Actor at Oscar 2016 (via Instagram)

Mark Rylance, adalah aktor yang berasal dari Inggris ini sudah wira wiri di dunia hiburan sejak tahun 1980. Selain bermain film, Mark juga dikenal sebagai pemain teater yang sangat berbakat. Mark memenangkan satu Piala Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik pada Academy Awards 2016. Peran Mark dalam film Bridge Of Spies sebagai Rudolf Abel memang bukan sebagai peran utama, namun Mark membuktikan bahwa peran kecil pun bisa dibuat sangat mengesankan. Well done, Mark.

Aktris Pendukung Terbaik

Alicia Vikander wins Best Supporting Actress at Oscar 2016
Alicia Vikander wins Best Supporting Actress at Oscar 2016 (via Instagram)

Peran Alicia Vikander dalam film The Danish Girl sebagai Gerda Wegener lah yang mengantarkan Alicia Vikander pada Piala Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik di tahun 2016 ini. Selain di Academy Awards ini, Alicia juga memenangkan Aktris Pendukung Terbaik di berbagai penghargaan untuk peran yang sama, loh. Wow! Selamat, Alicia.

Sutradara Terbaik

Alejandro Gonzales, wins Best Director at Oscar 2016
Alejandro Gonzales, wins Best Director at Oscar 2016 (via Instagram)

Selain mengantarkan Leonardo menjadi Aktor Terbaik tahun 2016 ini, film The Revenant juga mengantarkan Alejandro Gonzales menjadi Sutradara terbaik dan pulang membawa satu Piala Oscar. Alejandro pun tidak salah memilih Leonardo untuk menjadi peran utama di filmnya ini, ya. Tak hanya menyutradarai film ini, Alejandro juga menulis sendiri scriptnya, loh.

Film Animasi Terbaik

Inside Out wins Best Animation Feature at Oscar 2016
Inside Out wins Best Animation Feature at Oscar 2016 (via Instagram)

Inside Out dinobatkan menjadi Film Animasi Terbaik dalam Academy Awards Tahun 2016. Film animasi yang mengundang tawa dan air mata ini menang melawan Anomalisa, Boy And The World, Shaun And The Sheep Movie, dan When Marnie Was There. Film karya Pete Docter dan Ronnie del Carmen akhirnya berhasil membawa pulang Piala Oscar.

Soundtrack Terbaik

Sam Smith wins Best Original Song at Oscar 2016
Sam Smith wins Best Original Song at Oscar 2016 (via Instagram)

Musik memang tidak dipisahkan dari film. Musik bisa menambah haru dalam scene sedih, juga menambah semangat dalam scene bahagia. Piala Oscar untuk Soundtrack Terbaik, jatuh pada tangan Sam Smith yang mneyanyikan lagu Writing’s On The Wall. Lagu yang langsung disukai dalam sekali dengar ini adalah Saoundtrack dari film James Bond, Spectre. 

Amy!

Amy Movie Wins Best Documentary Feature At Oscar 2016
Amy Movie Wins Best Documentary Feature At Oscar 2016 (via Instagram)

Film Amy akhirnya mampu mengalahkan film The Look Of Silence (Senyap), film Indonesia yang menceritakan tentang sejarah G30S/PKI pada tahun 1965 lalu. Film Amy berhasil membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Film Dokumenter Terbaik di Academy Awards 2016. Film Amy dibuat sebagai kenangan penyanyi yang sudah meninggal tersebut.

Panen OSCAR!

Mad Max wins 6 Oscar 2016
Mad Max wins 6 Oscar 2016 (via Instagram)

Spotlight bisa jadi menyabet penghargaan sebagai film terbaik tahun ini, namun Mad Max: Fury Roads yang berhasil membawa pulang Piala Oscar paling banyak. Film ini memenangkan kategori, Desain Kostum terbaik, Editing Film Terbaik, Make Up Terbaik, Editing Sound Terbaik, Sound Mixing Terbaik, dan Desain Produksi Terbaik. Total, Mad Max: Fury Road berhasil membawa pulang 6 Piala Oscar, yang terbanyak tahun ini. WOW!

Nah itu tadi daftar pemenang-pemenang inti dari Academy Awards yang ke 88. Kalau penasaran sebagus apa filmnya hingga mampu membawa orang-orang di belakangnya membawa pulang Piala, boleh banget ditonton. Jadi, kamu sudah nonton film yang mana saja? Next

Apakah Kamu Setuju?