Seleb Indonesia

Dengan Logat Medan yang Kental, Sekian Orang ini Jadi Ngetop

Oleh -

Berita Selebritis – Bahasa daerah bisa menjadi satu ciri khas yang akan menempel selamanya. Meski bisa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, kebanyakan orang tetap tidak bisa menghilangkan logat kental daerahnya. Dari cara bicaranya, biasanya sudah bisa ditebak dari mana asal aslinya.

Betawi adalah salah satu daerah yang mempunya bahasa yang sangat melekat pada masyarakatnya. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu kebanggaan juga warisan yang memang sudah seharusnya selalu dilestarikan. Selain Betawi, ada juga daerah Medan yang sangat kental dengan logat bataknya. Nah, 3 orang ini masih setia menggunakan Bahasa Daerahnya. Siapa yang sangka, mereka justru malah dikenal karena ciri khasnya tersebut. Siapa saja?

Disebut-sebut Sebagai Haters Bella Shofie

November tahun 2015 lalu, nama Ivan Matondang ramai disebut-sebut di Infotainment. Bukan sebagai arti pendatang baru, tetapi sebagai hater yang dilaporkan Bella Shofie terkait video parodi yang diunggah Alvin di akun Instagramnya. Bella menuntut Alvin dengan  Laporan Polisi Nomor: LP/3737/IX/2015/PMJ/Dit Reskrimsus. Tindak pidana pencemaran nama baik dan atau penghinaan melalui media internet (Instagram) Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP dan atau Pasal 45 dan Pasal 27 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Alvin Matondang
Alvin Matondang (via Instagram)

Kasus ini diawali dari ucapan Bella Shofie di salah satu wawancara infotainment yang menyatakan bahwa tidak seharusnya wanita yang cantik berbicara dengan logat Batak. Alvin yang selaku orang Batak merasa tersinggung lalu membuat video parodi-parodi tentang Bella Shofie yang tidak cantik. Alvin membandingkan Bella Shofie yang malu mengakui kebatakannya dengan Raline Shah yang cantik sempurna dan bangga dilahirkan sebagai orang Medan.

Si Tambun Yang Jago Ngelawak

Nama Gita Bhebhita dikenal sebagai satu dari dua perempuan yang masuk sebagai finalis dalam Stand Up Comedy Season 4. Perempuan berbadan tambun yang memiliki nama lengkap Gita Anggita Butarbutar ini menggunakan kelebihan berat badannya sebagai materi stand up-nya.  Sebagai ciri khasnya, Gita tetap menggunakan logat bahasa daerahnya. Karena ini lah, Gita masih tetap diingat meskipun ia menjadi finalis yang dieliminasi pertama pada ajang itu.

Gita Bhebita
Gita Bhebita (via Instagram)

Gita boleh jadi tidak sukses dalam Stand Up Comedy Season 4 itu, tetapi Gita tetap membulatkan tekad untuk meniti karir di Jakarta. Benar saja, setelah hijrah ke Jakarta, Gita menjadi salah satu penyiar radio paling kocak. Oiya, Gita dan teman-temannya juga suka membuat video parodi super lucu yang biasa diuploadnya di akun Instagramnya, @gita_bhebhita.

Pengacara Merangkap Si Raja Minyak

Siapa yang tak mengenal Ruhut Sitompul? Pengacara nyentrik ini pada awal kemunculannya bahkan tidak diketahui sebagai pengacara, lantaran munculnya Ruhut pada dunia hiburan adalah perannya sebagai Poltak, SiRaja Minyak pada sinetron sukses pada jamannya, Gerhana. Ruhut juga terjun ke dunia politik, loh. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat.

Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul (via Instagram)

Sayangnya, nama Ruhut Sitompul seringkali ternodai oleh perbuatannya sendiri. Salah satunya adalah ucapan yang mengarah pada rasisme yang pernah ia sampaikan. Selain itu juga perselingkuhannya yang terungkap media. Ruhut memang dikenal cuek dan statementnya yang tegas dan keras.

Nah, siapa yang bilang kalau harus pakai bahasa gaul agar bisa eksis? Tiga orang ini membukatikan sebaliknya, bukan? Jadi, sudah seharusnya kita melestarikan  bahasa daerah kita sebagai warisan dari leluhur. Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?