Seleb Indonesia

Della JKT 48 Salah Mengartikan Tut Wuri Handayani

Oleh -
Della JKT 48 via liputan6
Della JKT 48 via liputan6

Salah satu member idol grup JKT 48, Della Delila kini sedang menjadi pembicaraan hangat di media sosial. Pasalnya, dia membuat sebuah kesalahan dalam mengartikan makna Tut Wuri Handayani dalam sebuah statusnya di akun Twitter miliknya @Della_JKT48, Kamis (24/9).

Menurutnya, Tut Wuri Handayani berarti walaupun berbeda tetap satu. Mungkin maksud Della adalah semboyan lainnya yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. “Dan aku juga mengenalkan budaya Indonesia ke mereka seperti Tut Wuri Handayani yang artinya walaupun beda tetap satu,” tulis Della Delila.

Tak butuh waktu lama, kicauan itu pun langsung mendapat reaksi dari para netizen. Bahkan, hal ini langsung menjadi topik populer di Twitter melalui #TutWuriHandayani. “Dik, belajar bahasa Jawa dulu,” kata akun ‏@budimandjatmiko. “Yakin itu artinya? Wkwk,” ucap netizen lainnya.  “Sekian, semoga jadi pelajaran. Hati2 ya lain kali kalo ngetwit… apalagi masih bawa nama jeketi,” kicau akun @azizgojiz.

Tidak mau disalahkan, Della pun mengelak dan mengemukakan argumennya tentang hal itu dengan kicauannya “Enggak salah kok artinya. Semua orang kan beda cara pikirnya. Mandi dulu deh biar pikiran ku makin berdaedah,” tulis Della Delila lagi.

Namun entah karena malu dengan kesalahan yang dibuatnya, Della pun langsung buru-buru menghapus kicauannya itu. Beberapa hari lalu Della berkunjung ke Jepang dan Singapura. Selain itu, member JKT48 lainnya, Saktia Oktapyani juga salah mengartikan semboyan Tut Wuri Handayani. Saktia mengartikan semboyan itu berbeda beda tapi tetap menyatu.

Tut Wuri Handayani adalah salah satu ajaran Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara yang berasal dari bahasa Jawa Krama Inggil “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”. Semboyan yang diajarkan sebagai sifat dasar pemimpin bangsa itu memiliki arti di depan memberi teladan, di tengah membangkitkan niat atau kemauan, dan di belakang memberikan dorongan atau dukungan. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page