Seleb Indonesia

5 Dakwah Dari Soraya Abdullah Yang Umat Islam Wajib Tahu

Oleh -

Nama Soraya Abdullah pada tahun kemarin ramai dibicarakan banyak orang. Artis cantik yang kini menggunakan cadar ini menjadi bahan pembicaraan setelah mengungkap berita pernikahannya dengan Indra L Burgmann.

Setelah kabar tersebut tenggelam, kini wanita yang kerap di panggil Aya ini tak lagi mengunggah foto kebersamaannya dengan Indra. Melainkan, Aya menjadikan media sosial sebagai tempat ia berdakwah. Lalu apa isi dakwah dari ibu 2 anak ini yang wajib diketahui oleh umat islam? Berikut rangkumannya.

1. Mencabut Rambut Putih atau Uban

Salah satu dakwah yang disampaikan oleh wanita 37 tahun ini adalah perihal mencabut uban atau rambut yang telah memutih dari segi agama. Dalam dua gambar yang ia unggah dalam instagram, cukup menguatkan bahwa mencabut uban bukanlah hal yang patut dilakukan atau dikatakan Aya bahwa tidak mencabut uban adalah hal sunnah.

Mencabut Rambut Putih atau Uban
Mencabut Rambut Putih atau Uban [via instagram]
Kenapa? Dalam keterangan dalam gambar tersebut tertulis dengan jelas Rasulullah bersabda. “Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam islam walaupun sehelai, maka dengan uba itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan kesalahan, juga dengannya kan ditinggikan derajat“.

2. Adab Memakai Celana Bagi Pria

Sering lihat para pria menggunakan celana hingga sampai ke sepatu? Yap, mungkin bisa melihat dakwah dari Aya satu ini. Dalam postinganya kali ini ia mengajak semua kaum pria untuk memotong celana yang terlalu panjang dari pada menggulungnya. Ada apa?

Adab Memakai Celana Bagi Pria
Adab Memakai Celana Bagi Pria [via instagram]
Dalam keterangan gambar kaki dan celana yang Aya unggah, ia menuliskan keterangan untuk mendekatkan diri pada pintu surga. “Jangan Isbal.. Isbal itu semua kain laki2 yang melebihi mata kaki. Kadang2 laki2 ini menganggapnya sungguh hal yang sepele, padahal berat hukumnya di mata ALLAH.. Yuuk jangan Isbal.. Tag adik kakak laki2 dan suami kamu yang masih Isbal…“. Sudah potong celana belum?

3. Ucap Kata Bismillah Ketika Memulai Sesuatu

Yap, kata bismillah sepertinya sudah menancap bagi banyak orang muslim di Indonesia bahkan dunia. Kata Basmalah seakan menjadi penyemangat hidup banyak orang untuk melakukan segala hal. Begitu pula bagi Aya.

Ucap Kata Bismillah Ketika Memulai Sesuatu
Ucap Kata Bismillah Ketika Memulai Sesuatu [via instagram]
Tak heran jika salah satu dakwahnya mengingatkan untuk selalu mengucapkan kata mujarab ini. Dari mulai masuk dan keluar rumah, makan, minum diharapkan diawali dengan basmallah. Sudahkah kamu mengucapkan kata tersebut hari ini?

4. Ajak Para Followernya Untuk Menjadi Pribadi Yang Rendah Hati

Seperti halnya para pedakwah lain, Aya tak hanya menyampaikan ilmu-ilmu lewat lisan kepada jamaah pengajian yang ia ikuti. Namun, lewat akun instagramnya Aya juga gemar mengajak para pengikutnya untuk berbuat kebajikan.

Ajak Para Followernya Untuk Menjadi Pribadi Yang Rendah Hati
Ajak Para Followernya Untuk Menjadi Pribadi Yang Rendah Hati [via instagram]
Salah satunya adalah dengan menjadi pribadi yang rendah hati. Dalam beberapa gambar yang ia unggah, salah satu menjelaskan tentang kebaikan bersikap rendah hati. “Tidaklah seseorang bersikap rendah hati karena Allah akan angkat derajatnya (di dunia dan akhirat) HR. Muslim“. Begitulah tulisan yang ada dalam gambar tersebut.

5. Memberikan Semangat Bagi Muslim Yang Melakukan Hijrah

Hijrah di sini bukan berpindah dari satu daerah ke daerah lain, namun perpindahan seseorang baik untuk menjadi lebih baik lagi. Yap, tak dipungkiri seseorang yang sedang melakukan hijrah pasti akan mendapatkan godaan yang cukup besar dari banyak faktor.

Memberikan Semangat Bagi Muslim Yang Melakukan Hijrah
Memberikan Semangat Bagi Muslim Yang Melakukan Hijrah [via instagram]
Karena pernah dan masih melakukan hijrah untuk menjadi lebih baik, Aya tak henti-hentinya untuk memberikan semangat bagi mereka yang melakukan hijrah. “Sabar yaa… Jangan menyerah dalam hijrahmu.. Surga itu sebentar lagi… ??“. Tulisnya dalam keterangan foto yang diunggahnya

Dakwahnya tersebut mendapatkan positif bagi banyak orang. Mereka merasa bahwa postingan yang diunggah oleh Aya memberikan banyak manfaat bagi mereka. Wah, pintar juga Aya untuk menyebarkan ilmu kepada muslim di Indonesia. Next

Apakah Kamu Setuju?