Entertainment Seleb Indonesia

5 Kisah Artis yang Pernah Kena Cobaan Saat Membangun Kerajaan Bisnisnya

Oleh -

Berkarir di dunia hiburan bukanlah hal yang permanen, maka dari itu tak sedikit selebriti Indonesia yang memilih untuk mengembangkan bisnis untuk masa depan mereka. Tetapi, bisnis yang dikelola tak selamanya berjalan mulus, banyak selebriti yang menekuni bisnis dan diantaranya sempat mengalami cobaan. Berikut adalah deretan selebriti yang bisnisnya sempat mengalami masalah. Yuk disimak!

1. Luna Maya

Mendirikan bisnis dalam bidang fashion, Luna Maya menggandeng salah satu sahabat selebritinya, Ayu Ting Ting, dengan jalinan kontrak Luna Habit x Ayu Ting Ting. Luna menggandeng Ayu sebagai model untuk mempromosikan produk-produk bisnisnya. Berbisnis bersama sahabat tentunya membuat kedua selebriti tersebut senang. Tetapi, terdapat konflik yang terjadi antara kedua selebriti ini. Luna menilai Ayu tidak memiliki etika dalam berbisnis, pasalnya Ayu yang dikontrak selama 6 bulan, terhitung bulan Juni hingga November 2016, melakukan soft launching pada bulan Desember. Luna kemudian meng-unfollow akun media sosial dan mem-block nomor Ayu.

Persahabatan keduanya kemudian renggang karena adanya masalah bisnis tersebut. Dari pihak Luna mau pun Ayu mengatakan bahwa pelantun lagu ‘Sambalado’ tersebut tidak melanggar apa-apa secara kontrak. Hanya saja, menurut Luna, etika dan cara berbisnis Ayu yang membuatnya kecewa. Ternyata, soft launching yang dilakukan Ayu Ting Ting bukanlah bekerja  sama dengan pihak mana pun, melainkan produk fashion miliknya sendiri yang memang sudah ditargetkan launcing pada bulan Desember. Kini, kedua selebriti tersebut sudah baik-baik saja, walau Luna masih merasa ada sesuatu yang mengganjal.

2. Inul Daratista

Inul Daratista merupakan salah satu selebriti yang menjadi pelopor bisnis karaoke di Indonesia. Pemilik goyang ngebor ini mulai menekuni bisnis karaokenya sejak tahun 2005 dan terus berkembang hingga kini. Inul bahkan menggandeng investor asal luar negeri tak heran jika bisnis karaoke yang diberi nama Inul Vizta memiliki ratusan cabang dengan omzet yang tak sedikit. Jayanya bisnis karaoke yang dimiliki Inul tentunya tak selalu mulus, perjalanan panjang dan berliku sempat ia alami selama merintis bisnis ini.

Tak hanya satu kali Inul menerima musibah dalam bisnis karaokenya, diantaranya salah satu cabang Inul Vizta sempat disegel karena melanggar Perda terkait HO atau ijin gangguan yang sudah habis masa berlakunya. Selain itu, di cabang yang lain tepatnya di Manado, Inul Vizta mengalami kebakaran yang menyebabkan sejumlah korban meninggal dan luka-luka. Dalam hal ini, pihak Inul Vizta telah mengungkapkan rasa duka cita dan permintaan maafnya. Cobaan terberat bagi Inul adalah ketika Inul Vizta dituding melanggar hak cipta. Inul mengatakan bahwa selama ini bisnis karaokenya sudah sesuai aturan dalam perundang-undangan, namun masalah ini sampai dibawa ke meja hijau yang menyebabkan bos Inul Vizta, Kim Sung Ku terancam hukuman penjara. Tapi, Inul sudah dapat menghela napas lega saat ia meraih kemenangan akan masalah tersebut dan segala tuntutan dicabut.

3. Sulis

Penyanyi rohani cilik Sulistyowati atau lebih dikenal dengan panggilan Sulis ingin berinvestasi untuk sebuah bisnis bersama suaminya. Mempercayakan uang untuk investasi kepada salah satu teman dekatnya, dengan bertahap Sulis menyetorkan dana mulai dari bulan Mei sampai Juni 2016. Walau satu bulan awal sempat lancar, tetapi berikutnya pembayaran tertunggak. Keuntungan tak kunjung dilaporkan kepada Sulis dan suaminya, uang juga tidak segera dikembalikan. Akibat penipuan berkedok investasi ini, Sulis mengalami kerugian hingga lebih dari Rp 300 juta.

Teman dekat Sulis tersebut merupakan rekan yang mengurus fans klub Sulis, maka itu Sulis sempat melakukan mediasi dan dengan cara kekeluargaan. Ia hanya ingin uangnya dikembalikan, tetapi ia dan Suaminya mengalami kebuntuan kemudian melaporkan pada pihak berwenang. Bukan hanya Sulis yang tertipu, melainkan ada korban lain yang juga ikut tertipu. Pelaku mengaku akan menyalurkan uang yang diinvestasikan dari sejumlah korban ke sebuah pabrik percetakan, tetapi ternyata setelah dicek oleh pihak kepolisian pabrik tersebut fiktir. Beruntung, pelaku dapat ditahan setelah dilakukan penangkapan pada 19 Oktober 2016.

4. Fero Walandouw

Sejak bulan Oktober 2016 aktor tampan, Fero Walandouw, menggeluti bisnis e-commerce. Namun baru 4 bulan berjalan, kabar miring tentang perusahaan ilegal menerpa bisnis Fero. Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sempat mengumumkan bahwa PT Mi One Global Indonesia berstatus ilegal. Hal ini langsung dibantah oleh Fero dan melakukan klarifikasi. PT Mi One Global adalah induk perusahaan yang dikelola Fero, Trinity Mione Solutions sehingga bisnis Fero bukanlah investasi ‘bodong’ belaka seperti yang diberitakan.

Walau tidak mengalami kerugian secara finansial, tersebarnya berita tak benar itu membuat Fero kecewa karena ia khawatir pemberitaan tersebut akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap perusahaannya. Memang, kepercayaan itu adalah hal yang mahal dan harus dipertahankan.

5. Ruben – Sarwendah

Pasangan suami istri ini merupakan duta produk bisnis kue khas daerah di Indonesia yang kekinian, Ruben menjadi duta Semarang Thal Cake sedangkan Sarwendah menjadi duta Jambi Jambe. Dua bisnis tersebut berada di bawah naungan Jannah Corp milik pasangan selebriti Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Kedua bisnis kue kekinian yang dimiliki mereka berdua laris manis dan banyak peminatnya. Keduanya menjadi duta sekaligus pemilik dari dua merk kue tersebut sejak awal tahun 2017. Namun, hal yang mengejutkan terjadi pada akhir bulan September 2017 lalu ketika baik Ruben mau pun Sarwendah memutuskan untuk mundur dari bisnis yang mereka kelola.

Berita negatif pun bermunculan dan beberapa pihak mengira bahwa kemunduran yang terbilang secara tiba-tiba itu karena ketidakcocokan Ruben dan istrinya dengan manajemen kue kekinian tersebut. Hal itu terjadi mungkin dikarenakan pada postingan video pemberitahuan mengenai kemundurannya, Ruben sempat menandai akun Irwansyah yang kemudian dihapus tak berapa lama kemudian. Tetapi hal tersebut ditampik oleh Ruben, kedua pasutri ini mengundurkan diri bukan karena masalah atau pun perselisihan tetapi karena ingin fokus mengembangkan bisnis yang telah dirintis oleh Ruben dan Sarwendah. Ruben sendiri tak menginginkan adanya berita negatif mengenai kemundurannya, pasalnya Ruben dan Sarwendah telah menjalin hubungan persahabatan dengan Irwansah dan Zaskia sehingga tak ingin ada pemberitaan miring. Ruben memang sudah memiliki bisnis kuliner sedangkan Sarwendah memiliki bisnis dalam bidang fashion dan healthy juice.

Nah, itu tadi adalah deretan selebriti yang sempat mengalami cobaan dalam berbisnis. Semoga banyaknya selebriti yang juga ikut terjun dalam dunia bisnis, tidak mengalami cobaan ya. Bagaimana menurut kalian perihal masalah bisnis yang sempat dialami para selebriti tersebut? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page