Entertainment inspirasi inspirasi Lentera relationship Seleb Indonesia

Cerita Persalinan Nycta Gina, Kontraksi Belasan Jam Hingga Rasanya Mau Mati

Oleh -

Pasangan selebriti Rizna Nyctagina dan Rizky Triyantono tengah berbahagia. Pasalnya, di penghujung bulan Maret, keduanya kembali dikaruniai seorang anak. Ya, setelah menikah pada tahun 2015 dan dikaruniai anak pertama pada pertengahan tahun 2016, pasangan yang akrab disapa Gina dan Kinos ini memberikan adik pada anak pertamanya.

Setiap persalinan memiliki cerita yang berbeda, punya kesan tersendiri bagi ibu yang melahirkan bahkan orang-orang yang mendampingi mereka. Seperti halnya Gina yang punya cerita menakjubkan di balik persalinan keduanya. Yuk, kita simak cerita persalinan Nycta Gina yang mengharu biru!

1. Ikut yoga untuk persiapan persalinan normal

Saat melahirkan anak pertamanya, Gina memang sudah merencanakan menggunakan metode caesar. Di kehamilan yang kedua inilah muncul rasa penasaran pada pemeran Jeng Kelin ini untuk merasakan persalinan normal. Tak dipungkiri, Gina juga merasakan ketakutan untuk melahirkan normal walau ia seorang dokter, tapi rasa penasarannya lebih besar.

Dari tekadnya itulah, Gina mengikuti parental gentle yoga saat memasuki kehamilan 28 minggu. Ia mengikuti yoga agar kehamilannya terasa lebih nyaman dan juga bisa mengatasi keluhan saat hamil sekaligus mempersiapkan melahirkan normal setelah pernah caesar. Bukan cuma yoga, Gina juga mengikuti kelas hypnobirthing untuk mengurangi rasa takut, cemas dan sakit saat melahirkan.

2. Kontraksi sampai 18 jam!

Setelah mengikuti kelas persiapan untuk persalinan normal, Gina bisa mengatasi kontraksi-kontraksi palsu yang sudah dirasakannya sejak kehamilan minggu ke-36. Rasa panik bisa ia kontrol berkat latihan pernapasan di kelas yoga. Hingga saat hari kelahiran sang bayi, Gina merasakan kontraksi yang luar biasa dan memutuskan untuk ke Rumah Sakit pada jam 3 dini hari. Saat kontraksi muncul selama 10 menit sekali, Gina masih mengalami pembukaan satu.

Dokter pun menyarankan untuk memasang balon di mulut rahim sebagai induksi alami agar membantu pembukaan. Setelah pemasangan balon, Gina merasakan kontraksi yang makin kuat hingga kontraksi muncul 5 menit hingga 3 menit sekali.

3. Suami selalu mendampingi dan mendukung setiap keputusan Gina

Saat dikabari istrinya akan melahirkan, Kinos masih berada di luar kota untuk syuting. Mendengar kabar yang datang pada pagi dini hari itu, presenter ganteng ini langsung meminta dan menunggu izin produser untuk kembali ke Jakarta. Kinos juga punya perjuangan tersendiri saat menuju istrinya yang tengah menantinya, yaitu rasa kantuk yang menyerangnya saat menyetir 4 jam dan kemacetan lalu lintas yang dialaminya.

Sesampainya di Rumah Sakit, hati Kinos merasa tersiksa saat melihat istrinya begitu kesakitan merasakan kontraksi. Ia sudah punya pemikiran untuk meminta Gina melakukan operasi caesar seperti saat melahirkan anak pertama mereka. Tetapi, tekad Gina untuk mewujudkan mimpinya melakukan persalinan normal membuat Kinos tetap menghormati keputusan istrinya. Dengan penuh kesabaran, Kinos terus mendampingi dan menyemangati Gina dikala ia berjuang menahan sakit.

4. Merasa umurnya akan berakhir saat itu juga

Setelah merasakan kontraksi yang luar biasa berjam-jam pasca pemasangan balon di mulut rahimnya, Gina masih bertahan menahan rasa sakitnya. Tetapi, saat dicek jalan lahir masih pembukaan dua. Rasa tak kuat itu kemudian muncul.

Gina bahkan punya pemikiran bahwa hari itu adalah hari terakhirnya. Saat mengira umurnya akan berakhir, Gina meminta maaf kepada Ibunya, suaminya bahkan menitipkan sang anak jika ia harus dipanggil Tuhan saat itu juga. Tetapi, dengan adanya dukungan keluarga yang mendampinginya, Gina berhasil bertahan.

5. Memutuskan untuk operasi caesar

Dokter yang menangani Gina memprediksi bahwa kemungkinan terburuk adalah Gina harus menunggu sampai keesokan harinya baru bisa melahirkan, karena jalan lahir masih belum terbuka semua.

Merasa sudah tidak kuat kalau menunggu sampai besok, akhirnya Gina memutuskan menjalani operasi caesar demi kebaikan dirinya dan bayi yang ada dalam kandungannya. Walau sempat merasa kecewa karena tidak bisa mewujudkan keinginannya untuk melakukan persalinan normal tetapi yang terpenting baginya adalah keselamatan dan kesehatan sang bayi.

6. Lahir putri cantik yang menggemaskan

Setelah melalui perjuangan yang panjang, lahirlah seorang bayi cantik pada pukul 20.24 WIB. Putri dengan berat 3,495 kg dan panjang 51 cm ini diberi nama yang cantik sesuai parasnya yaitu Lembar Putih Trinycta.

Punya nama unik, ternyata bayi yang disapa Uti ini memiliki arti nama yang dalam. Dilansir Kapan Lagi, Kinos dan Gina menaruhkan harapan di nama sang anak agar putrinya tumbuh menjadi anak yang baik. Kebaikan dekat dengan sesuatu yang putih, bersih dan suci, bak lembaran putih.

Ini bukanlah momen kelahiran pertama bagi Gina, tetapi ia tetap memetik sesuatu yang berharga di kelahiran yang keduanya ini. Sempat merasa kecewa karena tak bisa lahir normal, ia pun makin percaya bahwa manusia memang punya keinginan dan rencana, tetapi Tuhanlah yang menentukan yang terbaik bagi umatnya. Apa pun metode kelahirannya, yang terpenting adalah ibu dan bayi bisa selamat dan sehat selalu. Setuju nggak? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page