Seleb Indonesia

Andien Berbagi Cerita tentang Kelahiran dan Perawatan Anaku Askara Biru. Penuh Haru!

Oleh -

Dunia hiburan selalu memberikan banyak pemberitaan terkait kehidupan para artis. Meski banyak berita yang menyedihkan, tak sedikit juga berita membahagiakan yang dibagi oleh para artis. Contohnya saja berita bahagia yang dibagi oleh pasangan Andien dan suaminya, Ippe yang baru saja dikaruniai anak pertama, yang diberi nama Anaku Askara Biru.

Ada banyak cerita dibalik kelahiran dari anak pertama pasangan yang menikah dengan resepsi indah di Hutan Pinus, Lembang, Bandung ini. Selain metode yang tak biasa dipilih Andien untuk melahirkan buah cinta pertamanya, ada banyak lagi cerita haru yang dibagi ibu baru ini dengan sangat bangga. Apa saja, sih? Yuk, simak cerita lengkapnya.

1. Umumkan Kabar Bahagia Setelah 1 Minggu

Andien Umumkan kelahiran setelah anak berumur 1 Minggu
Andien Umumkan kelahiran setelah anak berumur 1 Minggu

Andien dan Ippe merupakan salah satu pasangan yang gemar membagi kebahagiaannya dengan para penggemarnya, melalui sosial media, seperti Instagram. Namun, rupanya Andien dan Ippe ingin menyimpan sendiri kebahagiaannya saat resmi menjadi orang tua. Andien memutuskan menyiarkan kabar bahagianya tersebut setelah anaknya, yang diberi nama Anaku Askara Biru berumur genap seminggu. Lewat akun Instagramnya, Andien dan Ippe pun mengumumkan berita luar biasa tersebut, lengkap dengan foto mereka sedang menggendong baby Kawa, panggilan sayang untuk Anaku Askara Biru. Selamat Andien dan Ippe1

2. Pilih Proses Melahirkan Dalam Air

Andien pilih water birth
Andien pilih water birth

Dalam postingannya, Andien juga menjelaskan proses kelahiran buah cinta pertamanya, Anaku Askara Biru. Ternyata, daripada metode melahirkan normal atau caesar di rumah sakit dengan bantuan dokter, Andien memutuskan untuk melahirkan dengan motede baru, yaitu water birth, atau di dalam air. Metode ini memang masih baru. Namun, ternyata sudah banyak artis yang memilih menggunakan metode ini juga untuk melahirkan buah hatinya. Sebut saja Wanda Hamidah, juga Sharena Gunawan, yang sudah lebih dulu mempunyai pengalaman melahirkan dengan metode water birth. Alih-alih di rumah sakit, Andien melahirkan di rumah sendiri, di pelukan suami, dan dibantu oleh bidan-bidan.

3. Latihan Siaga untuk Lahiran di Rumah Bareng Suami dan Bidan

Andien Water Birth
Andien Water Birth

Andien bercerita tentang proses kelahirannya yang indah. Andien dan suami sudah berlatih agar siap saat waktu melahirkan tiba. Pool birth sudah disediakan, langkah-langkahnya pun sudah dilatih. Namun, ternyata saat waktunya tiba, Andien dan suami panik. Meski begitu, Andien merasa bangga dan bahagia dengan proses kelahirannya yang indah. Kontraksi yang luar biasa sakit itu tak begitu dirasakan karena ada sang suami yang memberikan pelukan menenangkan. Bidan-bidan yang dipanggil pun siap membantu dan turut menyaksikan perjuangan Andien hingga Anaku Askara Biru lahir. Tepat pada tanggal 7 Januari 2017, Andien dan Ippe resmi menjadi orang tua.

4. Nyatakan Baby Pilih Sendiri Proses Kelahirannya

Anak Andien umur 36 jam
Anak Andien umur 36 jam

Setiap ibu memang memiliki pertimbangan masing-masing dalam memutuskan metode melahirkan buah hatinya. Beberapa ada yang ingin melahirkan dengan cara normal, untuk merasakan perjuangan nyata seorang ibu. Namun, ada yang mau tak mau harus memilih caesar, dikarenakan kondisi tubuh sang ibu, maupun si jabang bayi dalam perut. Andien rupanya lebih memilih untuk melahirkan di dalam air, atau water birth, di rumah sendiri. Andien pun menyampaikan dalam postingannya bahwa anaknya lah yang memilih sendiri cara dia lahir ke dunia. “Alhamdulillah. Anaku Askara Biru, terlahir atas permintaannya dengan caranya sendiri. Hari itu.. Dia menginginkan hanya saya, suami saya, dan dirinya. Dibantu dengan bidan-bidan tercinta” tulis Andien di akun Instagramnya.

5. Tunggu Plasenta Puput Sendiri

Anaku Askara Biru, anak Andien
Anaku Askara Biru, anak Andien

Metode water birth rupanya bukan lah satu-satunya hal menarik yang dipilih oleh Andien dan Ippe sebagai orang tua baru. Dalam postingannya di akun Instagram, Andien menyatakan bahwa plasenta baby Kawa dibiarkan lepas dengan sendirinya tanpa dipotong. Ternyata butuh 3 hari hingga ‘kakak’ Kawa ini lepas sendiri. Pilihan ini menjadi pro dan kontra sendiri di kolom komentar Instagram Andien. Namun, seperti yang Andien tulis, orang tua punya pilihan dan pertimbangan masing-masing. Dan Andien ingin anaknya pertamanya ini lahir wholeness. Salah satunya dengan cara tak memotong plasenta Kawa dengan sengaja, hingga puput sendiri.

Well, ini merupakan pengalaman pertama Andien dan Ippe dalam melahirkan buah cintanya. Selamat sekali lagi, Andien dan Ippe atas kelahiran baby Kawa. Bagaimana, kamu berani melahirkan dengan metode yang satu ini? Next

Apakah Kamu Setuju?