LifeStyle tips trik

Lagi Marahan sama Pasangan? Lakukan 10 Hal Sederhana ini Agar Cepat Baikan

Oleh -

Perdebatan, perselisihan, dan pertengkaran adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam sebuah hubungan. Hal ini bisa disebabkan oleh kesalah pahaman atau perbedaan pendapat. Meski sudah jadi hal yang wajar terjadi, tapi pertengkaran nggak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa berdampak buruk bagi suatu hubungan.

Mengalah memang sesuatu yang baik, tapi sangatlah sulit untuk dilakukan. Nah, jika kamu dan pasangan sering marahan karena sesuatu, baca dan lakukan 10 hal sederhana ini agar kalian cepat baikan serta nggak menyisakan dendam.

1. Hitung dari angka 1 sampai 10

Mungkin hal ini terdengar cukup konyol, tapi tanpa kamu sadari menghitung dari 1 sampai 10 dapat menekan emosimu agar tidak memuncak dan menghentikanmu untuk berkata kasar. Kamu tentu nggak mau melukai perasaan si dia, kan? Saat mendengar sesuatu yang nggak kamu suka, tarik nafas panjang dan hitung sampai 10. Nggak percaya? Coba deh

2. Sadari bahwa nggak semua hal patut diperdebatkan

Berbeda pendapat itu wajar karena kamu dan si dia berasal dari lingkungan berbeda dan punya cara hidup yang berbeda pula. Tapi sadarilah bahwa nggak semua hal perlu diperdebatkan, apalagi kalau sampai menimbulkan rasa stress dan dendam. Sebelum jadi emosi, pikirkan kembali apakah hal tersebut pantas untuk dipermasalahkan atau tidak.

3. Jangan berusaha jadi pemenang

Jangan pernah berusaha jadi pemenang saat sedang berdebat atau bertengkar dengan pasangan, karena itu tidak akan ada gunanya. Walaupun kamu memenangkan perdebatan itu, kamu tidak akan pernah mendapat apapun. Malah bisa saja, hubunganmu dengan pasangan akan menjadi buruk. Kamu tidak akan selalu benar, begitupun dia. Selalu ingat bahwa dia adalah pasangan, bukan lawan. Kalian akan berjalan bersama dan saling melengkapi, bukan sedang berusaha untuk mendahului.

4. Buat kode “stop” khusus

Bertengkar memang hal yang wajar terjadi pada suatu hubungan. Tapi, jangan biarkan emosi membuatmu terlena dan pertengkaran menjadi berlarut-larut. Untuk menghindari pertengkaran yang berlebihan, buatlah sebuah kode atau sinyal yang sudah sama-sama kalian setujui bisa berupa kata atau tingkah lucu misalnya menjulurkan lidah. Saat perdebatan sudah hampir memuncak, pakai kode tersebut untuk menghentikannya.

5. Buatlah lelucon

Jangan terlalu serius dalam menghadapi masalah, karena hal itu hanya akan membuat emosimu dan si dia memuncak. Cobalah membuat suatu lelucon sederhana berupa kata atau tingkah yang konyol. Cara ini dijamin ampuh untuk meredam emosi.

6. Coba saling mengerti

Dalam sebuah hubungan, kadang kita suka mengaitkan pasangan kita dengan sesuatu yang kadang belum tentu benar dan berkonotasi negatif. Misalkan ia lupa dengan tanggal jadian kalian, mungkin kamu akan berpikir bahwa kamu sudah tak lagi spesial untuknya. Tapi, pikirkan jika kamu berada di posisinya. Kira-kira apa yang membuatmu bisa lupa dengan tanggal jadian kalian?

7. Beri pelukan

Saat sedang terjadi kesalah pahaman atau pertengkaran dengan pasangan, pelukan juga menjadi cara jitu untuk meredakan amarah kalian. Nggak perlu malu-malu untuk memberi atau meminta sebuah pelukan. Dengan begini, perlahan kalian akan saling menyadari bahwa orang yang ada di dalam pelukanmu saat ini adalah seseorang yang kamu cintai dan ingin menghabiskan hidup bersama. Pelukan ini akan menghindarkanmu dan pasangan dari pertengkaran yang lebih besar lagi.

8. Tidur dalam keadaan marah

Bukan masalah jika kamu terpaksa tidur dalam keadaan marah karena perdebatanmu dan si dia tak menemukan titik terang. Gunakan waktumu untuk sendiri, istirahat yang cukup, dan cobalah bangun lebih awal keesokan harinya. Jangan khawatir, nggak akan terjadi sesuatu yang buruk dengan hubungan kalian jika kamu pergi tidur.

9. Pikirkan baik-baik apa yang membuatmu marah

Dalam sebuah pertengkaran tentu melibatkan dua orang dan dua posisi. Saat sedang emosi, coba tarik nafas dalam-dalam selama 10 detik dan pikirkan baik-baik hal apa yang telah membuatmu merasa marah dan tidak nyaman. Jangan takut untuk berterus terang dan bertanggung jawab.

10. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Sadar atau tidak, suasana di sekitarmu dapat mempengaruhi hubungan dengan pasangan. Suasana negatif dapat menimbulkan pertengkaran dengan mudah. Nah, agar pertengkaran nggak menjadi berlarut-larut, lakukan sesuatu yang amu dan pasanganmu sukai. Misalkan dengan membuat minuman atau membeli es krim yang enak. Dengan begini kalian berdua akan sadar bahwa ini bukan waktunya untuk bertengkar.

Inilah 10 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosi saat sedang marah agar bisa cepat baikan dengan pasangan. Ngambek boleh, tapi jangan lama-lama ya! Sayang-sayangan lebih enak lho daripada marahan.

 

  Next

Apakah Kamu Setuju?