Entertainment Seleb Indonesia

Meresahkan Orang Tua dari Para Remaja, Awkarin dilaporkan KPAI

Oleh -

Belakangan ini, nama Awkarin jadi bahan perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para remaja. Awkarin, sosok selebgram yang bernama lengkap Karin Novilda ini memang sedang menarik banyak perhatian lantaran gaya hidupnya yang dibilang keren oleh anak-anak seusianya. Tak hanya itu saja, gaya pacarannya dengan sang mantan kekasih, Gaga Muhammad pun dinilai terlalu vulgar untuk remaja seusianya.

Awkarin tak segan memposting dirinya dengan balutan pakaian seksi, sedang merokok, bahkan saat menghabiskan waktu bersama dengan teman-temannya ditemani minuman keras. Hal-hal yang dilakukan Karin Novilda and the gank mungkin terlihat keren, namun bagi para orang tua yang memiliki anak seusianya Awkarin, jelas mengkhawatirkan.

Kelakuan Nyeleneh Awkarin
Kelakuan Nyeleneh Awkarin

Banyaknya follower Awkarin dalam akun Instagramnya, yaitu lebih dari 900ribu pengikut, mau tak mau membuat KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Meski banyak yang menilai bahwa gaya hidup Awkarin salah, namun tak sedikit juga remaja yang mengidolakan selebgram yang satu ini. Gaya merokok, baju seksi, juga pacaran ala Awkarin dinilai sebagai pencapaian yang disebut keren oleh remaja seusianya. Untuk ini, KPAI mengambil tindakan serius.

Awkarin, juga beberapa akun Instagram lainnya, seperti Anya Geraldine disorot oleh KPAI dan dibahas di Kominfo. KPAI dan Kominfo sepakat bahwa Awkarin, dan beberapa akun lainnya dinilai menjadi contoh yang kurang baik untuk remaja. Karena ini, Kominfo menghimbau para orang tua untuk mengawasi penggunaan gadget, serta pergaulan yang diikuti oleh anak-anak remaja mereka.

Gaya Pacaran Anya Geraldine
Gaya Pacaran Anya Geraldine

KPAI pun mengakui, Awkarin merupakan remaja yang kreatif, yang mampu memanfaatkan sosial medianya untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Namun, di sisi lain, KPAI juga melihat bahwa sosok Karin Novilda termasuk remaja yang sedang mencari jati diri. “Ini kehidupan sosial masyarakat ya, dulu sembunyi-sembunyi, sekarang ini malah cenderung dipertontonkan. Melawan norma-norma keluarga dengan bangga, dalam rangka mencari identitas,” jelas┬áProf Heru Nugroho, selaku Ahli Sosiologi.

Kominfo menyarankan agar KPAI mencoba melakukan pendekatan kepada Awkarin, dan beberapa pemilik akun Instagra, yang disorot. KPAI disarankan untuk mencoba memberi pengarahan agar Awkarin, dan akun lainnya bisa kembali ke jalur yang benar, sesuai dengan aturan dan etika yang diharapkan. Bagaimana pun, akun-akun ini banyak dijadikan contoh oleh remaja-remaja di luar sana. Wah, bagaimana kelanjutannya, ya? Next

Apakah Kamu Setuju?