Seleb Indonesia

4 Atlet Perempuan yang Berhijab, Salut!

Oleh -

Hijab bukan hanya sekedar penutup aurat, tapi juga sebagai simbol kehormatan. Hijab juga banyak manfaatnya untuk para wanita. Hal itulah yang membuat beberapa atlet berikut ini enggan mencopot hijabnya saat bertanding, walaupun terkadang ada cabang olah raga yang cukup susah dilakukan jika berhijab. Mereka tetap menggunakannya dan terbukti hijab bukanlah halangan untuk berlaga bahkan beberapa di antara mereka ada yang berprestasi.

Di Indonesia sendiri atlet yang berhijab bukanlah hal yang aneh. Karena sudah banyak para atlet wanita yang menggunakan hijab saat sedang bertanding. Lalu bagaimana dengan para atlet di luar negeri? Ingin tahu kan siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Aya Majdi

Aya Majdi begitu membanggakan bukan hanya karena kampuannya saat bertanding tenis meja, tapi karena ia selalu menggunakan hijabnya di setiap pertandingan. Aya Majdi adalah wanita yang berasal dari Qatar. Ia adalah atlet tenis meja profesional yang sudah memenangkan berbagai pertandingan kelas dunia.

Aya Majdi
Aya Majdi [image source]
Salah satu yang tak mungkin ia lupakan selama hidupnya adalah saat ia berhasil membawa pulang tiga medali emas di ajang 4th Gulf Women’s Table Tennis Championships 2009. Tak heran jika ia masuk dalam daftar atlet tenis meja yang namanya cukup diperhitungkan di Asia dan Timur Tengah.

2. Nadine Ashraf dan Menna Eltanany

Nadine Ashraf dan Menna Eltanany banyak menyita perhatian penonton pertandingan bulutangkis Total BWF World Championship 2015 yang dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta lantaran menjadi atlet yang menggunakan hijab saat bertanding. Mereka adalah atlet yang berasal dari Mesir.

Nadine Ashraf dan Menna Eltanany
Nadine Ashraf dan Menna Eltanany [image source]
Memang jarang sekali ada pebulutangkis yang menggunakan hijab termasuk di Indonesia. Meski begitu, para penonton dibuat terpaku dengan permainan mereka yang mumpuni saat melawan pasangan ganda putri asal Inggris yaitu Heather Olver dan Lauren Smith. “Kami sama sekali tidak terganggu karena sudah biasa. Kami mengenakan jilbab sejak kecil, jadi kami sudah terbiasa,” ucap Nadine.

3. Kulsoom Abdullah

Bahkan ada juga atlet untuk cabang olahraga angkat besi yang menggunakan hijab. Dia adalah Kulsoom Abdullah, wanita berwajah cantik yang menjadi atlet wanita asal Amerika yang berjilbab. Kritikan dan komentar negatif terhadap penampilannya yang berhijab tersebut sudah biasa ia terima. Namun, ia tetap memakainya dan berkat usaha yang keras, nama Kulsoom Abdullah masuk dalam deretan Atlet Amerika yang memiliki segudang prestasi.

Kulsoom Abdullah
Kulsoom Abdullah [image source]
Ia bersukur karena saat ini sudah tak terlalu terganggu dengan kritikan-kritikan terhadap penampilannya. Justru sekarang ia didekatkan dengan berbagai pihak yang mendukung agar Kulsoom tetap menggunakan Jilbab saat bertanding. Selain itu, Kulsoom juga termasuk wanita yang cerdas dan bergelar PhD untuk Teknik Komputer setelah lulus dari Universitas Georgia.

4. Woroud Sawalha

Apakah Kamu Setuju?

next page