Seleb Indonesia

Hamil 7 Bulan, Ashanty Gelar Prosesi Mitoni Dengan Adat Jawa

Oleh -

Memasuki usia kandungan tujuh bulan, Ashanty dan Anang Hermansyah menggelar sebuah acara pengajian dan mitoni (tujuh bulanan) di rumahnya, kawasan Cinere, Jakarta Selatan, Minggu (21/8). Kedua pasangan ini kompak memilih adat Jawa pada prosesi tujuh bulanan kehamilan. Mitoni sendiri bertujuan untuk menjaga bayi di dalam kandungan dan berharap ibunya diberikan kesehatan hingga nanti melahirkan.

Ashanty yang semula menggunakan kaftan warna biru kembar dengan Anang, Aurel, Azriel, Arsy, langsung mengganti pakaiannya. Ia mengenakan pakaian adat Jawa yang membuatnya terlihat semakin cantik. Acara dimulai dengan siraman, lalu dilanjutkan dengan pemecahan kendi oleh sang suami. Saat musisi ini melakukan prosesi pecah kendi, tergambar sang bayi berjenis kelamin laki-laki. Selain itu, ketika mantan suami Krisdayanti itu melakukan potong kelapa, dia juga mendapatkan simbol yang menunjukkan calon anaknya adalah laki-laki.

Ashanty dan Keluarga via viva
Ashanty dan Keluarga via viva

Ashanty mengatakan bahwa acara tradisional mitoni ini harus dilestarikan agar tak punah. “Kan kita asli orang Jawa. Bagi aku, doanya, ritual-ritual yang kayak disiram sama orangtua, didoain keluarga, teman-teman, itu satu hal yang bikin aku merasa banyak yang doain nih, banyak yang dukung, banyak yang ikut bahagia. Ini suatu hal baik dan sekaligus melestarikan budaya Jawa,” kata Ashanty di rumahnya, kawasan Cinere, Jakarta Selatan, Minggu (21/8).

Ashanty dikabarkan akan kembali melahirkan buah hati keduanya yang diprediksikan lahir pada tanggal 20 Oktober 2016 mendatang. Dia berkeinginan untuk dapat melahirkan sang anak secara normal. Namun menurut dokter, Ashanty tidak bisa melahirkan secara normal karena usia kelahiran Arsy dan anak keduanya berjarak kurang dari dua tahun. Ashanty juga mengaku bahwa saat ini Aurel yang justru sangat dekat dengannya, sangat berbeda dengan kehamilan pertamanya, dimana sang adik Azriel yang lebih dekat dengan sang bunda.

“Tadinya mau coba normal. Tapi karena jarak sama Arsy cuma setahun lebih, jadi enggak dibolehin sama dokter, bahaya. Semua perempuan pinginnya kan rasakan normal, tapi kan pas Arsy punya kekentalan darah yang membahayakan. Pas sekarang, jaraknya terlalu dekat. Jadi yang penting sehat, mau normal mau caesar. Waktu Arsy itu Azriel yang deket. Kalau sekarang Aurel yang lebih deket, enggak bisa jauh. Tidur pun kadang sama aku,” tutupnya. Next

loading...

Apakah Kamu Setuju?