Film Seleb Indonesia

Totalitas, 5 Artis Ini Berakting Sebagai Pemeluk Agama Lain di Filmnya

Oleh -

Sudah sering tahu aktor macho yang harus mau berperan sebagai gay, dan juga waria, kan? Contohnya saja, Tora Sudiro, Surya Saputra, dan juga Rio Dewanto yang harus bisa luwes memerankan karakter gay dalam film Arisan 1 dan 2. Atau bagi aktris, seperti Nikita Mirzani, hingga Happy Salma, pun terbukti berani mengambil peran sebagai wanita nakal.

Sederetan artis di bawah ini pun membuktikan kemampuannya berakting dalam berperan sebagai seorang yang memeluk agama lain. Sudah tentu akan ada beragam respon dari para penggemarnya. Namun, artis-artis di bawah nini juga menekankan bahwa dengan menjadi aktor dan aktris, harus berani dan bertanggung jawab atas peran apa saja yang diberikan padanya, termasuk saat dituntut menjadi seseorang dengan keyakinan yang berbeda. Siapa saja, sih?

1. Jadi Sosialita Cantik dan Menikah di Gereja

Wulan Guritno menikah dengan Ferry Salim di gereja, film Perfect Dreams
Wulan Guritno menikah dengan Ferry Salim di gereja, film Perfect Dreams

Beberapa waktu yang lalu, Wulan Guritno sempat membuat heboh dengan foto yang diunggahnya di sosial media miliknya. Bagaimana tidak, Wulan terlihat sangat cantik mengenakan gaun pengantin, dan sedang menikah di gereja dengan Ferry Salim. Usut punya usut, ternyata itu hanya salah satu adegan dalam film terbarunya, yaitu Perfect Dream. Foto ini sempat membuat Wulan dibanjiri komentar pedas. Namun, Wulan tetap menanggapinya dengan sikap yang positif. “Aku Muslim, dan kebhinekaan yang diangkat itu menarik buat aku. Saya berperan sebagai orang yang beragama Kristen, menikah di gereja, dan saya jadi tahu di gereja seperti apa, ya saling menghormati saja” jawab Wulan Guritno.

2. Demi Peran Sampai Belajar Adzan dan Sholat

Dion Wiyoko di Abdullan & Takeshi
Dion Wiyoko di Abdullan & Takeshi

Aktor Katolik lainnya, yaitu Dion Wiyoko ternyata juga pernah mendapat tantangan berperan sebagai muslim. Dalam film Kemal Pahlevi yang berjudul Abdullah & Takeshi, Dion bahkan dituntut untuk bisa sholat dan mengumandangkan adzan. Namun, yang mengejutkan, Dion mengaku tak kesulitan saat melakukan adzan. “Gue belajar adzan dan belajar salat. Kalau adzan sebenarnya nggak susah karena sering dengar adzan Maghrib” jelas Dion Wiyoko. Dion hanya perlu belajar selama 30 menit dengan kru film, dan memperbaiki cengkoknya. Setelah didengarkan hasilnya, ternyata adzan versi Dion cukup meyakinkan. Bagi Dion, sebagai seorang aktor, peran apapun sudah menjadi tanggung jawabnya. “Apapun yang gue mainkan, ini film, tergantung persepsi masing-masing” tambah Dion.

3. Berperan Sebagai Muslim Membuat Si Ganteng Ini Jadi Lebih Toleransi

Chicco Jerikho di Seputih Cinta Melati
Chicco Jerikho di Seputih Cinta Melati

Chicco Jerikho diketahui sebagai salah satu artis yang non muslim. Namun, perbedaan bukan lagi hal yang asing baginya. Perlu diingat lagi, sebelumnya Chicco sempat berpacaran selama kurang lebih 5 tahun dengan Laudya Chintya Bella yang muslim. Dalam film yang berjudul Seputih Cinta Melati, Chicco harus berperan sebagai muslim yang telah kembali ke jalan yang benar. Dalam film garapan Ari Sihasale dan NIa Zulkarnaen tersebut, dirinya juga harus bisa bacaan sholat. Chicco pun mengakui bahwa dirinya sempat kesulitan. “Awalnya memang sulit, terutama saya harus melafalkan ayat Al-Fatihah, tapi saya banyak bertanya dan teh Nia (Nia Zulkarnaen) banyak membantu. Saya pikir inilah pentingnya toleransi beragama,” jelas Chicco Jerikho.

4. Jadi Pendeta, Aktor Muda ini Belajar Ke Gereja

Aksi Haykal Kamil saat jadi pendeta di Toba Dreams
Aksi Haykal Kamil saat jadi pendeta di Toba Dreams

Adik laki-laki satu-satunya dari Zaskia Adya Mecca, yaitu Haykal Kamail ternyata juga pernah berani mengambil peran sebagai pendeta. Dalam film Toba Dreams, Haykal berperan sebagai salah satu anak dari Sersan Tebe yang sangat penurut. Haykal pun harus mau saat sang ayah memintanya untuk jadi seorang pendeta. Demi perannya pendeta, aktor muslim ini mengaku melakukan observasi secara langsung ke gereja, bahkan ke rumah seorang pendeta kenalannya yang ada di Jakarta Pusat. Setelah terlibat dalam film Toba Dreams yang dirilis di tahun 2015 kemarin ini, Haykal mengaku banyak mendapat pelajaran dan pesan moral.

5. Hapalkan Bacaan Sholat untuk Syuting Film

Chantiq Schagerl di Hafalan Sholat Delisa
Chantiq Schagerl di Hafalan Sholat Delisa

Tahun 2011 lalu, Hafalan Sholat Delisa sempat menjadi film yang sangat sukses. Tak hanya filmnya, peran Delisa yang dibawakan oleh Chantiq Schagerl akhirnya membawanya sebagai Pemeran Anak Terpuji di ajang penghargaan Festival Film Bandung tahun 2012. Saat itu, Chantiq masih berusia 7-8 tahun, dan berhasil mendapatkan peran utama tersebut setelah melewati seleksi khusus yang telah diikuti oleh ratusan anak lainnya. Chantiq sendiri ternyata seorang Kristiani, dan harus memerankan Delisa, anak muslim yang berjuang menghapalkan bacaan sholat. Chantiq pun mengaku harus menghapalkan dulu seluruh bacaan-bacaan sholat untuk kepentingan syutingnya.

Nah, sudah lihat kan totalitas aktris dan aktor di atas untuk peran-peran di filmnya? Bagaimana, film siapa nih yang paling kamu favoritkan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page