Entertainment Seleb Indonesia

Identik dengan Kemewahan, Artis-Artis Ini Malah Terlilit Utang Ratusan Bahkan Miliaran Rupiah

Oleh -

Roda kehidupan terus berputar, jika saat ini kita berada di atas dengan kesuksesan bisa jadi satu saat nanti kita akan merasakan suatu kegagalan. Selebriti terkenal akan hidupnya yang glamor dan tak sedikit yang bergelimang harta. Tetapi, ternyata ada juga selebriti yang pernah mengalami pahitnya terlilit utang.

Bukan hanya jutaan rupiah, tetapi utang yang dimiliki selebirit di bawah ini ada yang mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah. Alhasil, banyak cara yang dilakukan selebirti ini untuk menutupi utang-utang mereka, salah satunya menjual aset yang dimilikinya. Siapa saja sih selebriti Indonesia yang sempat terlilit utang? Yuk kita simak rangkumannya!

1. Angela Lee, utang miliaran rupiah sampai ingin bunuh diri

Baru-baru ini kabar tak sedap datang dari aktris sekaligus selebgram, Angela Lee. Pasalnya, ia dikabarkan menipu dan membawa kabur uang dengan jumlah yang fantastis. Angela sempat berpikiran untuk bunuh diri hingga 3 kali karena permasalahan yang sedang dialaminya. Berawal dari meminjam uang sebesar 2 miliar rupiah kepada seseorang untuk mendapatkan modal yang digunakannya dalam berbisnis jual beli tas, Angela harus memberikan bunga sebesar 30% per bulan. Penjualan tas-tas tersebut laku atau pun belum laku, bunga sebesar 30% itu harus tetap dibayar. Mulai dari situlah muncul utang-utang yang harus ditanggung Angela. Untuk menutupi utangnya, perempuan medhok yang juga berprofesi sebagai presenter ini meminjam uang kepada teman-temannya, termasuk presenter asal Korea Selatan, Lee Jeong Hoon, sebesar 200 juta rupiah.

Angela kebingungan karena ditagih dalam jumlah uang yang sangat besar, sehingga ia sempat menghilang saat memikirkan jalan keluarnya. Saat itulah, banyak pihak yang mengira Angela kabur membawa uang-uang mereka. Bahkan, ada seseorang yang menghampiri rumahnya saat ia tak ada di rumah dan mengambil beberapa barang-barang milik Angela. Terang saja Angela merasa kebingungan dan stres karena saat ini uang dalam tabungannya belum mampu menutupi utang-utang yang ada. Walau sempat terpikirkan bunuh diri, beruntung Angela sadar dan berusaha keras untuk melunasi utang-utangnya. Ia mengaku salah dan berjanji akan bertanggung jawab, tetapi butuh waktu untuk membayar utang dengan melakukan pekerjaan yang halal.

2. Ahmad Dhani, uang ratusan juta dibawa kabur anak buah

Pada bulan Maret 2017 lalu, nama Ahmad Dhani disebut-sebut dalam sebuah video yang tersebar di media sosial. Diwakili oleh Rully sebagai Ketua Asosiasi Pedagang Barang Antik Cikapundung, meminta itikad baik Ahmad Dhani untuk melunasi utang yang mencapai 100 juta rupiah. Sebagai kolektor barang antik, Dhani kerap membeli barang-barang antik di Pasar Antik Cikapundung, Bandung, Jawa Barat dan sudah menjadi salah satu langganan.

Sayangnya, sudah hampir satu tahun sejak pembelian barang antik pada 24 April 2016, tak ada kabar dari Dhani untuk melunasi utang-utangnya. Ada sekitar 10 pedagang yang menanti-nantikan kehadiran Dhani. Mereka sudah menghubungi musisi asal Indonesia itu melalui surat dan pesan singkat tetapi tak ada respon, maka itu mereka menggunakan media sosial untuk meraih Dhani, tanpa unsur mencari popularitas. Setelah mendapat tanggapan dari suami Mulan Jameela itu, ternyata uang yang diperuntukkan membayar barang-barang antik tersebut dibawa kabur oleh salah satu anak buahnya. Jelas Dhani kebingungan dan berusaha untuk menemukan anak buahnya tersebut. Pada bulan Agustus 2017 lalu, utang piutang Dhani kepada para pedagang barang antik sudah dalam proses penyelesaian.

3. Farhat Abbas, rebutan harta gono gini untuk bayar utang

Saat masih hangat-hangatnya kasus Farhat Abbas karena pencemaran nama baik terhadap Ahmad Dhani dulu, ternyata pengacara sensasional ini juga tengah dirundung duka. Pasalnya, ia terlilit utang hingga miliaran rupiah. Tak tanggung-tanggung, ia memiliki utang sebesar 7 miliar rupiah yang harus ia lunasi. Untuk menutupi utangnya, ia memperjuangkan harta gono gini dengan mantan istrinya, Nia Daniati pada bulan September 2015 silam.

Saat itu terjadilah perebutan harta gono gini antara Farhat dan Nia. Farhat berharap ia bisa melunasi utang-utangnya dari pembagian harta gono gini karena saat berhutang, Farhat dan Nia masih dalam masa pernikahan. Selain itu, pihak Farhat mengatakan bahwa utang itu terjadi karena sebagai kepala keluarga ia bekerja untuk menafkahi keluarganya.

4. Caisar ‘YKS’, jual mobil demi bayar utang

Sebelum kembali ke dunia hiburan, Caisar Putra Aditya atau lebih dikenal dengan Caisar ‘YKS’ sempat mundur dari dunia yang membesarkan namanya. Setelah acara yang memperkenalkan joget khas ala Caisar diberhentikan, pria kelahiran tahun 1989 ini ikut menghilang. Ia meninggalkan dunia hiburan untuk hidup yang lebih religius.

Ternyata, Caisar mengalami kesulitan ekonomi setelah pernah bergelimang harta karena mendadak tenar. Saat itu, Caisar terlilit utang dalam jumlah yang tak sedikit hingga harus menjual mobilnya. Dua buah mobil miliknya harus rela dilepas untuk menutupi utang-utang yang ada. Caisar pun berpindah profesi dengan berdagang sekaligus mengatur keuangannya agar stabil kembali. Saat terlilit utang, ia mengaku tak tahu menahu mengenai utang yang ia miliki, pasalnya semua keuangannya saat menjadi selebriti dipegang oleh manajernya. Setelah tak lagi muncul di layar televisi, manajer yang juga merupakan keluarganya itu memberitahukan sejumlah uang yang harus ia bayar untuk menutupi utang.

Nah, itu tadi adalah para selebriti yang sempat terlilit utang dengan jumlah yang tak sedikit. Mungkin ini bisa jadi peringatan bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan ya. Next

Apakah Kamu Setuju?