Film Seleb Indonesia

Nggak Kalah Dengan yang Muda, 6 Aktris Senior Ini Dulunya Lebih Cantik

Oleh -

Dunia hiburan tanah air saat ini memang sedang diramaikan oleh artis-artis muda yang cantik dan bertalenta. Setiap harinya, ada saja artis pendatang baru yang ikut meramaikan dunia perfilman tanah air yang masuk melalui sinetron ataupun film perdana yang berhasil dibintanginya. Di tengah maraknya nama Dian Sastro hingga Prilly Latuconsina, nyatanya Indonesia sudah melahirkan banyak artis cantik sejak dulu.

Perfilman Indonesia sudah jaya sejak tahun 60-an. Nama-nama aktris lawas seperti Mieke Wijaya, juga Widyawati sudah lebih dulu mendominasi layar kaca dengan kecantikannya, juga kemahirannya berakting. Tanpa make up macam-macam, apalagi operasi plastik, artis-artis senior ini sudah cantik luar biasa, loh. Nggak percaya? Yuk, lihat foto-fotonya.

1. Romeo dan Juliet-nya Indonesia yang Dipisahkan oleh Maut

Widyawati dan Sophan Sophian dulu dan sekarang
Widyawati dan Sophan Sophian dulu dan sekarang

Widyawati sudah bermain film sejak usianya masih 17 tahun, lewat Piso Komando yang tayang tahun 1967. Namanya sudah malang melintang di dunia perfilman tanah air dan menyabet Piala Citra sebagai Aktris Terbaik di tahun 1987. Lewat dunia ini juga lah yang mempertemukan Widyawati dengan cinta matinya, Sophan Sophiaan dan menikah di tahun 1972. Pasangan ini bermain sebagai Romi dan Juli di tahun 1974. Sayangnya, pasangan ini harus berpisah karena maut. Sophan Sophiaan meninggal karena kecelakaan di tahun 2008 lalu. Wah, cantiknya Widyawati nggak hilang, ya.

2. Sempat Jadi Aktris Terlaris dan Termahal di Jamannya

Yati Octavia dan Pangky Suwito dulu dan sekarang
Yati Octavia dan Pangky Suwito dulu dan sekarang

Yati Octavia bukan nama baru di dunia perfilman tanah air. Yati sudah terjun dan membintangi film perdananya yang berjudul Dosa Siapa di tahun 1972 saat dirinya masih berusia 18 tahun. Yati Octavia mendapat gelar Ratu Film di era emas perfilman Indonesia. Hal ini dikarenakan Yati mempunyai banyak sekali penggemar. Karenanya juga Yati sempat menjadi aktris dengan bayaran termahal, serta laris manis. Di tahun 70-80an, Yati Octavia sering dipasangkan dengan aktor Roy Marten, loh. Roy Marten pula lah yang memperkenalkannya pada Pangky Suwito, lelaki yang sudah mendampinginya selama 37 tahun.

3. Mendapat Nama Panggilan dari Bung Karno

Rima Melati dulu dan sekarang
Rima Melati dulu dan sekarang

Bernama asli Marjolien Tambajong, aktris senior ini lebih dikenal dengan nama Rima Melati. Nama panggungnya ini adalah panggilan dari Bung Karno yang diketahui memang berteman dekat dengan aktris yang lahir di Tondano, Hindia Belanda ini. Rima Melati sudah bermain film sejak tahun 1961, lewat film pertamanya, Notari Sulami. Namun film Intan Berduri yang dibintanginya bersama Alm. Benyamin Sueb lah yang ternyata mengantarkannya sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di tahun 1973. Rima menikah dengan belahan jiwanya, Frans Tumbuan. Pasangan ini juga dipisahkan oleh maut, Frans meninggal lebih dulu di tahun 2015 kemarin.

4. Main Bareng Julia Roberts di Eat, Pray, Love

Christine Hakim dulu dan sekarang
Christine Hakim dulu dan sekarang

Kemampuan akting seorang Christine Hakim sudah tak perlu dipertanyakan. Christine dikenal sebagai artis yang kemampuan aktingnya di atas rata-rata. Karenanya, Christine hanya bermain di dalam film berkualitas serta arahan sutradara-sutradara yang ahli di bidangnya. Christine sudah menyabet Piala Citra sebagai Aktris Terbaik lewat film perdananya, Cinta Pertama, yang dibintanginya bersama Slamet Rahardjo. Christine juga sempat bermain bersama aktris Hollywood, Julia Roberts dalam film Eat, Pray, Love yang syuting di Bali. Tak hanya itu, Christine merupakan aktris Indonesia pertama yang ditunjuk menjadi juri di Festival Film Cannes, di Perancis. Wow, hingga kini masih cantik banget, ya.

5. Pemeran Tiga Dara Pertama

Mieke Wijaya dulu dan sekarang
Mieke Wijaya dulu dan sekarang

Saat ini, sedang ramai diperbincangkan film Ini Kisah Tiga Dara yang merupakan remake dari Tiga Dara di tahun 1957. Mieke Wijaya, aktris senior yang kini berusia 76 tahun ini merupakan salah satu pemeran asli dari Tiga Dara. Mieke Wijaya debut lewat film perdananya, Gagal yang tayang di tahun 1955, saat dirinya masih berusia 15 tahun. Kini, Mieke Wijaya terhitung sudah lebih dari 60 tahun ikut meramaikan dunia perfilman Indonesia. Darah seni dan cintanya pada akting pun diturunkan pada salah satu anak perempuannya, Nia Zulkarnaen yang kini melestarikan film anak bersama dengan suaminya, Ari Sihasale.

6. Jadi Pasangan Hidup dan Duet Sudah Lebih dari 40 Tahun

Titiek Sandhora dan Muchsin Alatas dulu dan sekarang
Titiek Sandhora dan Muchsin Alatas dulu dan sekarang

Titiek Sandhora merupakan aktris yang juga dikenal sebagai penyanyi di era 1970-an. Saat itu, lagu-lagu yang didendangkan oleh penyanyi yang kini berusia 62 tahun ini hampir setiap hari diputar di radio. Selain bernyanyi, Titiek juga debut sebagai aktris lewat film perdananya, Awan Djingga. Dunia hiburan mempertemukannya dengan Muchsin Alatas, pria yang dipilihnya untuk menjadi teman hidup, juga partner bernyanyinya. Kini, terhitung sudah 44 tahun Titiek Sandhora bernyanyi bersama dengan belahan jiwanya, Muchsin Alatas.

Nah, sudah percaya kan kalau aktris senior Indonesia nggak kalah cantik dengan seleb kekinian? Bagaimana, siapa nih yang paling cantik menurutmu? Next

Apakah Kamu Setuju?