Seleb Indonesia

Multitalenta, 4 Artis Ini Jago Nyinden

Oleh -

Berita Selebritis – Tradisi Indonesia sangatlah kaya dan hal itu diakui hingga ke penjuru dunia. Dan karena kecintaan bangsa ini terhadap budayanya, maka tak heran jika hingga saat ini banyak budaya yang masih terjaga.  Salah satunya adalah seni pertunjukkan wayang.

Dalam pertunjukkan wayang sudah lazim ditemui para wanita yang menyanyikan langgam-langgam  yang disebut sinden. Tak semua orang bisa nyinden karena memang ada aturan khusus tentang teknik nyinden. Dan siapa sangka jika para artis berikut ini bisa nyinden. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ini ulasan selengkapanya.

1. Soimah

Soimah adalah potret artis multitalenta. Bukan hanya jago nyanyi, wanita asal Yogyakarta itu juga dikenal sebagai rapper dan lady rocker. Dan salah satu kemampuan Soimah yang patut dipuji adalah bakatnya dalam nyinden.

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, pemilik nama lengkap Soimah Pancawati itu sudah akrab dengan musik dan seni tradisional seperti campursari, dangdut, bahkan juga sinden. Beberapa waktu yang lalu bahkan ia menjadi salah satu penyanyi yang tampil bersama dengan legenda keroncong Waldjinah.

2. Krisdayanti

Krisdayanti memang dikenal sebagai diva pop. Tapi tahukah Anda jika Krisdayanti sempat belajar nyinden. Ya, dia belajar bagaiman menyanyikan tembang-tembang untuk  ditampilkan di konser tunggalnya yang digelar Mei 2015 silam.

Konser tersebut digelar sebagai perayaan 25 tahun karyanya di belantika musik Tanah Air. Mantan istri Anang Hermansyah itu ingin memberikan penampilan berbeda dengan nyinden. “Nyinden itu bukan kapasitas saya. Tapi saya selalu mencoba tantangan dan saya mencoba menyanyikan dengan vocal stylist yang berbeda” ucap Krisdayanti.

3. Lesti

Lesti mulai dikenal setelah ia mengikuti ajang pencarian bakat Dangdut Academy. Di mana saat itu ia keluar sebagai pemenang pertama. Ternyata gadis muda tersebut tak hanya jago menyanyi dangdut. Ia juga bisa nyinden lagu-lagu Sunda dengan baik.

Nyinden sudah biasa dilakukan Lesti sejak kecil dan jauh sebelum ia ikut ajang pencaraian bakat. Tepatnya ia sudah nyinden sejak duduk di bangku kelas 4 SD. “Aku mulai nyinden tuh sejak kelas 4 SD. Kalau nyinden itu aku ada gurunya, sedangkan dangdut belajar sendiri aja, Kalau disuruh milih nyiden atau nyanyi dangdut, dua-duanya sama aja. Aku suka. Dua-duanya sama aja” ujar Lesti.

4. Mayangsari

Nama Mayangsari sebelumnya terkenal sebagai penyanyi. Di samping itu, Mayangsari dulunya pernah aktif di pegelaran wayang. Bahkan sesekali setelah menikah dengan Bambang Trihatmodjo, ia ambil bagian sebagai pesinden di gelaran wayang orang.

Mayang yang selama ini dikenal sebagai penyanyi pop tersebut mengaku jika ia adalah anak dari seorang dalang. Jadi, tidak sah jika anak dalang itu tidak bisa nyinden. “Ya bisa sedikitlah. Tidak sah, masa bapaknya dalang anaknya tak bisa nyinden.” ujar Mayangsari.

Itulah beberapa artis yang ternyata jago nyinden. Nggak nyangka kan, mereka telah mebuktikan jika upaya pelestarian terhadap budaya memang perlu dilakukan agar seni dan budaya kita tidak punah. Next

Apakah Kamu Setuju?