Seleb Indonesia

Wow! 5 Artis Ini Dipercaya Untuk Menjadi Duta di Berbagai Bidang. Siapa Saja, ya?

Oleh -

Duta merupakan orang yang ditunjuk dan diberi kehormatan untuk mewakili suatu organisasi, serta bertujuan untuk menyebarkan visi dan misi organisasi tersebut. Organisasi-organisasi tersebut memiliki alasan sendiri mengapa lebih memilih artis untuk menjadi duta mereka. Hal ini dikarenakan artis merupakan sosok public figure yang bisa dekat dengan rakyat dan cenderung didengar oleh orang banyak.

Pemilihan duta-duta ini pun tak bisa dibilang sembarangan. Artis-artis yang dipilih harus berprestasi dan sesuai dengan organisasi yang ditunjuk. Yuk, lihat siapa saja artis-artis yang dipercaya dan diberi tanggung jawab untuk menjadi perwakilan organisasi.

1. Duta Anti Narkoba Se-ASIA

Agnez Mo, Duta Anti Narkoba ASIA
Agnez Mo, Duta Anti Narkoba ASIA

Sejak dulu, nama Agnes Monica atau sekarang lebih dikenal dengan nama Agnez Mo sudah menjadi salah satu penyanyi top tanah air. Mimpinya untuk go international benar-benar dikejarnya sejak dulu, dan hingga kini belum ada kata menyerah yang keluar dari mulut Agnez Mo. Sejak tahun 2007, Agnez Mo ditunjuk  DEA (Drugs Enforcement Administration) dan IDEC Far East Region sebagai duta anti narkoba se-Asia. Lewat ini, Agnez Mo ingin menunjukkan kepada seluruh pemuda pemudi yang ada di ASIA bahwa dirinya muda, bisa berprestasi dan menjadi funky tanpa menggunakan narkoba. Dalam menjalankan amanat ini, Agnez Mo sempat berkeliling ke berbagai negara, misalnya Nepal, Cina, India, juga Korea Selatan.

2. Benci Pembajakan, Afgan Dijadikan Duta HKI

Afgan Syahreza, Duta HKI
Afgan Syahreza, Duta HKI

HKI atau Hukum Kekayaan Intelektual merupakan hukum untuk melindungi berbagai hak cipta karya. Pada tahun 2014, Kementerian Hukum dan Hak Asasi menunjuk penyanyi, Afgan Syahreza sebagai duta HKI Indonesia. Salah satu misi dalam pemilihan duta ini adalah untuk mencerdaskan bangsa dengan berhenti membeli karya yang bajakan. Hal ini dianggap Afgan sebagai pencapaian yang baik. Tahun sebelumnya, jabatan kehormatan ini diberikan pada penyanyi Melly Goeslaw. Namun di tahun 2015, Afgan kembali dipercaya Kementrian Hukum dan Hak Asasi untuk memerangi pembajakan hak karya.

3. Jadi Duta WWF Warrior, Lindungi Harimau Sumatera

Joe Taslim, Tiger Warrior
Joe Taslim, Tiger Warrior

Joe Taslim rupanya tak hanya cinta pada olah raga dan keluarga. Sebagai anak daerah yang dilahirkan di Palembang, Joe otomatis merasa ikut bertanggungjawab menjaga populasi harimau Sumatera yang langka. Sejak 2014, Joe dipercaya menjadi salah satu Tiger Warrior oleh WWF Indonesia. Tiger Warrior ini mempunyai tugas mengajak seluruh warga Indonesia ikut peduli dan tetap menjaga populasi harimau Sumatera yang sudah langka tersebut agar tidak terjadi kepunahan. Sejak bergabung sebagai Tiger Warrior, Joe akhirnya pertama kalinya terjun langsung ke kawasan hutan Bukit Rimbang Baling untuk berkomunikasi secara langsung dengan warga setempat tentang pentingnya melindungi harimau dari perburuan.

4. Ajak Wanita untuk Lebih Pintar Lewat Anugerah Duta Sosial

Maudy Koesnaedi
Maudy Koesnaedi

Pada tahun 2013, pemeran Zaenab dalam Si Doel Anak Sekolahan, Maudy Koesnaedi terpilih menjadi Goodwill Ambasador Maritage Indonesia. Maritage Indonesia sendiri mempunyai misi untuk memberdayakan perempuan agar meningkat kualitas serta kreativitasnya sehingga mampu mendapat kesehatan dan pendidikan yang lebih baik. Maudy Koesnaedi merasa sangat bangga dirinya dipercaya dalam gerakan besar, yaitu mengajak para wanita mengembangkan diri. Maudy pun tidak ingin jika dirinya hanya akan jadi pembicara. Maudy memutuskan untuk terjun dan memastikan lagi bahwa para perempuan Indonesia benar-benar berusaha menjadi lebih kreatif.

5. Lakukan Kesalahan Malah Diangkat Jadi Duta

Zaskia Gotix
Zaskia Gotix

Masih segar diingatan tentang bagaimana Zaskia Gotix dibully karena dianggap mempermainkan dasar negara, Pancasila. Dalam sebuah acara televisi, dengan niat lawakan, Zaskia tertangkap tidak hapal apa saja yang menjadi isi dari Pancasila. Kejadian ini membuat Zaskia Gotiz menjadi bulan-bulanan oleh netizen. Zaskia Gotix pun sempat mendapat sanksi dan harus menghapalkan Pancasila. Setelah meminta maaf dan berhasil menghapalkan isi dari dasar negara tersebut, Zaskia Gotix malah diangkat menjadi duta Pancasila oleh PKB. Hal ini dimaksudkan sebagai hukuman agar Zaskia belajar lebih keras lagi tentang dasar dan lambang negara serta tidak lagi mempermainkannya.

Nah, artis-artis di atas memang berhasil membuktikan bahwa dirinya memang layak mendapat jabatan dan kehormatan tersebut. Dan semoga duta-duta di atas bisa mengemban tugas dengan baik serta mampu menyampaikan misi dan visi yang diperlukan di bidang masing-masing. Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?