Seleb Indonesia

6 Artis yang Berhasil Duduki Jabatan Sebagai Kepala Daerah.

Oleh -

Belakangan ini semakin marak artis tanah air yang memutuskan untuk banting setir ke dunia politik. Alasannya pun beragam, ada yang ingin mengabdi kepada masyarakat hingga ingin mewujudkan mimpi sebagai pemimpin seperti yang diakui Vicky Prasetyo.

Semangat para artis tanah air untuk terjun ke ranah politik tentu tidak lepas dari senior-senior mereka yang sudah terlebih dulu berhasil menjabat sebagai kepala daerah. Lalu, siapa saja sih artis-artis senior yang sudah berhasil terpilih dalam pilkada dan mengemban amanat sebagai kepala daerah? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

1. Zumi Zola

Nama Zumi Zola semakin dikenal masyarakat setelah membintangi sinetron “Hantu Jatuh Cinta” dan sempat menjadi model video klip milik Agnes Monica yang berjudul “Tanpa Kekasihku”. Pada tahun 2011 aktor ganteng ini mulai meninggalkan dunia hiburan setelah terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur berpasangan dengan wakilnya, Ambo Tang. Masa jabatan Zumi Zola hanya bertahan 4 tahun, yaitu tepatnya sampai 6 Oktober 2015. Sebab, ia mengikuti Pilgub Provinsi Jambi dan berhasil terpilih menjadi gubernur ke 8 untuk periode 2016-2021. Kemampuan berpolitik yang dimiliki Zumi tampaknya menurun dari sang ayah yang merupakan mantan Gubernur Jambi terdahulu. Setelah menjabat sebagai seorang kepala daerah, banyak masyarakat yang menyukai sosok Zumi karena dinilai baik dan tegas.

2. Pasha ‘Ungu’

Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau yang lebih akrab disapa Pasha ‘Ungu’ dulunya populer di masyarakat sebagai seorang vokalis dengan suara yang khas. Pada tahun 2015 Pasha kemudian memutuskan untuk terjun ke dunia politik dengan mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Wali Kota Palu mendampingi Hidayat. Keduanya pun terpilih sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu periode 2016-2021. Selama menjabat sebagai peminpin daerah, Pasha beberapa kali membuat kontroversi. Mulai dari kedapatan merokok di depan umum saat sedang mengenakan baju dinas hingga membayar kontrakan rumah mewah senilai 1 Milyar dengan menggunakan APBD Kota Palu.

3. Deddy Mizwar

 

Siapa sih yang tak kenal sosok aktor senior yang satu ini? Deddy Mizwar mulai terjun ke dunia hiburan tanah air sejak tahun 70an silam. Di tahun 2012 lalu, Deddy memilih bergelut di dunia politik. Ia mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan. Pasangan ini kemudian dinyatakan menang satu putaran dan dipercaya untuk menjadi Gubernur serta Wakil Gubernur Jawa Barat dalam periode 2013-2018. Menjelang pilgub Jabar tahun 2018 mendatang, partai PKS dan Gerindra disebut-sebut akan kembali mengusung Deddy sebagai Cagub didampingi Ahmad Syaikhu yang merupakan Wakil Wali Kota Bekasi.

4. Rano Karno

Para penggemar serial ‘Si Doel Anak Betawi’ tentu sudah tak asing lagi dengan sosok Rano Karno yang sempat populer sejak tahun 70an silam. Aktor yang satu ini diketahui sudah sebanyak 3 kali menjadi kepala daerah. Yang pertama, ia terpilih menjadi Wakil Bupati Tangerang mendampingi Ismet Iskandar untuk periode tahun 2008-2013. Yang kedua yaitu, di tahun 2011 Rano Karno mundur dari jabatannya sebagai Wakil Bupati Tangerang karena terpilih menjadi Wakil Gubernur Banten periode 2012-2017. Sedangkan yang ketiga, pada 13 Mei 2014 ia ditunjuk menggantikan sang Gubernur, Ratu Atut Chosiyah yang terjerat kasus suap.

5. Dede Yusuf

Mungkin tak begitu banyak orang yang mengenal sosok Dede Yusuf, karena belakangan ia semakin jarang tampil di layar kaca. Padahal di tahun 90-an silam, Dede sering membintangi film, sinetron, hingga jadi bintang iklan. Dede berhasil terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat yang ke 10 untuk periode 2008 hingga 2013 berpasangan dengan Ahmad Heryawan. Pilkada selanjutnya ia sempat mencalonkan diri sebagai gubernur, tapi sayang Dede masih kurang beruntung. Posisinya kini telah digantikan oleh Deddy Mizwar.

6. Dicky Chandra

Dicky Chandra tercatat sebagai artis tanah air ketiga yang berhasil menduduki jabatan sebagai pemimpin daerah. Tahun 2009 lalu ia terpilih menjadi Wakil Bupati Garut berpasangan dengan Aceng H.M. Fikri untuk periode hingga tahun 2013. Namun di tengah masa jabatannya, Dicky tiba-tiba memilih untuk mundur di tahun 2011 karena kurang cocok dengan sang Bupati.

Inilah sejumlah artis tanah air yang telah berhasil menduduki jabatan sebagai kepala daerah. Akankah Hengky Kurniawan yang baru saja mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Bandung Barat mampu mengikuti jejak mereka? Kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutannya! Next

Apakah Kamu Setuju?