Seleb Indonesia

9 Kepergian Publik Figur Legendaris Indonesia Ini Paling Mengharukan Netizen di 2017

Oleh -

Tahun 2017 memiliki kisah tersendiri di balik hiruk pikuk kehidupan, mulai dari kelahiran, pernikahan hingga kematian datang di tahun 2017 seperti tahun-tahun sebelumnya. Ada kabar bahagia seperti pernikahan artis atau melahirkan, begitu pula ada kabar duka yaitu sederet publik figur Indonesia yang berpulang tahun ini. Kepergian artis-artis ini tentu menorehkan duka yang dalam bagi keluarga, sahabat hingga penggemarnya.

Sebelum menutup tahun 2017 yang penuh kenangan dan membuka lembaran baru untuk menghadapi hari-hari di tahun 2018, SelepUpdate hadirkan rangkuman untuk mengenang kepergian artis-artis tahun ini.

1. Julia Perez

Pedangdut, pembawa acara sekaligus aktris Julia Perez atau lebih akrab disapa Jupe meninggal pada 10 Juni 2017 setelah melawan penyakit kanker serviks stadium empat yang menggerogoti tubuhnya. Sebelum meninggal, Jupe sempat melakukan beberapa operasi, salah satunya yang terakhir kali adalah untuk organ pencernaan yang lengket akibat radiasi dalam pengobatan kanker serviks yang ia jalani.

Saat ajal menjemputnya, ia tak merasakan sakit yang biasa ia rasakan. Keluarganya pikir Jupe tengah tertidur, hingga akhirnya ia mengalami kritis dan dibantu pacu jantung tetapi tak dapat ditolong lagi. Meninggalnya Jupe sangat menorehkan kesedihan mendalam bagi banyak pihak, bukan hanya keluarganya tetapi juga sahabat-sahabat sesama artis. Semua sahabat dan kerabatnya ramai-ramai mengebumikan Jupe dengan doa yang menyertainya

2. Oon Project Pop

Salah satu anggota Project Pop Muhammad Fachroni atau Oon Project Pop telah terjangkit penyakit kelebihan gula darah atau diabetes sejak 16 tahun lalu yang kian menyebar sehingga mengakibatkan komplikasi jantung dan gagal ginjal. Oon semangat untuk melawan penyakitnya dengan tak pernah menunda cuci darah. Namun sayangnya, Oon meninggal dunia pada 13 Januari 2017 di Bandung.

Saat kabar meninggalnya Oon sampai pada para anggota Project Pop, mereka tak bisa datang karena sedang berada jauh dari keberadaan Oon. Sebelum Oon meninggal, Project Pop sempat berkumpul dengan anggota lengkap terakhir kali saat merayakan tahun baru pada 3 Januari lalu.

3. Bondan Winarno

Dunia kuliner Tanah Air berduka saat Bondan Winarno meninggal dunia pada 29 November 2017 lalu setelah sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan. Banyak publik figur hingga artis yang turut berdua atas kepergian pria dengan slogan khas ‘Maknyus’ ini. Mulai dari komedian, penyanyi, hingga pejabat turut mengucapkan bela sungawanya. Bondan dikenal sosok pria yang rendah hati dan menghargai orang lain.

Bagi Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta, Bondan telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pedagang sate Maranggi di Purwakarta. Tak hanya dikenang akan sosoknya yang selalu membuat lapar saat tampil di televisi, Bondan juga merupakan pendiri Masyarakat Transparansi Indonesia.

4. Laila Sari

Disebut sebagai artis tiga jaman dan serba bisa karena selama tiga puluh tahun Laila Sari telah memberikan hiburan di pertelevisian Indonesia sejak tahun 90-an melalui akting, bernyanyi hingga melawak. Kendati menjadi artis tiga jaman, kehidupan Laila jauh dari kata mewah hingga ia harus tinggal di rumah yang sangat sederhana bersama dengan anak, cucu, dan cicitnya. Walau begitu, Laila masih sering membantu tetangganya dengan memberikan makanan yang ia buat.

Setelah pulang syuting sebuah program televisi, Laila mengeluh tak enak badan juga karena perutnya belum terisi. Tak lama, ajal menjemput nenek berusia 82 tahun ini pada 20 November 2017. Banyak orang ikut berduka atas berpulangnya Laila, karena ia telah memberikan sebuah pelajaran besar yaitu ia tak pernah lelah untuk memperjuangkan hidupnya hingga akhir hayat.

5. Eko DJ

Pecinta komedi pasti mengenal nama Eko Koeswoyo atau Eko DJ, salah satu anggota grup komedian Srimulat yang sampai kini beberapa anggotanya masih sering hadir di layar kaca. Pada usianya yang ke-64 tahun Eko harus menutup usia, tepatnya pada 27 Maret 2017 setelah satu tahun terakhir terserang penyakit jantung dan gagal ginjal.

Sebelum sakit, Eko masih memikirkan industri hiburan Indonesia dengan merencanakan akan membuat sebuah program tetapi tak sempat karena ia terserang penyakit. Sebelum meninggal ia masih bisa berbicara dengan keluarga tetapi merasa tak enak badan dan tak napsu makan. Sosok Eko DJ adalah orang yang selalu tepat waktu dan menjadikan melawak sebuah jati diri. Hal yang akan selalu dikenang di hati para pecinta komedi Indonesia.

6. Bambang Gentolet

Selain Eko DJ, anggota Srimulat yang berpulang di tahun 2017 ini adalah Bambang Gentolet. Pria kelahiran kota Yogyakarta ini merupakan seniman Jawa Timur ini masih aktif di panggung lawak, menghadirkan tawa di setiap orang yang melihat aksinya. Pada usianya yang ke-75 Bambang tutup usia, tepatnya pada 27 April 2017.

Penampilan Bambang yang selalu terlihat sehat membuat kabar duka ini mengejutkan banyak orang. Banyak pihak yang turut berdua dan merasa kehilangan sosok pelawak senior ini, terlebih dua orang putri yang ditinggalkannya. Sebelum meninggal, Bambang sempat mengalami sesak napas dan dilarikan ke rumah sakit.

7. Ryan Thamrin

Ryan Thamrin yang namanya makin melejit sejak menjadi pembawa acara Dr. Oz Indonesia, telah berpulang pada 4 Agustus 2017 di Pekanbaru, Riau. Kabar meninggalnya Ryan tak pelak membuat banyak orang terkejut dan berduka. Tak terkecuali Reisa Brotoasmoro, rekannya sesama pembawa acara Dr. Oz Indonesia sangat berduka atas kepergian Ryan.

Meninggal di usia yang terbilang muda yaitu 39 tahun, ternyata Ryan mengidap penyakit maag akut selama satu tahun sebelum meninggal. Ia sempat menjalani rawat jalan di salah satu rumah sakit Malaysia.

8. Leo Lumanto

Presenter Leo Lumanto harus menutup usia dengan sangat mendadak yang membuat bukan hanya keluarganya tetapi juga rekan-rekan sesama artis kaget. Belum lagi, ia baru saja menikah dengan perempuan bernama Avid Utami 2 minggu sebelum kepergiannya pada 12 April 2017 lalu.

Meninggal di kediamannya di Tangerang Selatan, ternyata Leo sempat memiliki penyakit stroke ringan yang mengharuskannya mendapatkan perawatan khusus. Tetapi sebelum meninggal, Leo tak terlihat sakit dan masih menjalani aktivitasnya seperti biasa. Hal inilah yang membuat keluarganya, terutama istrinya, begitu terpukul akan kepergiannya yang mendadak.

9. Cheppy Chandra

Aktor senior Cepi Setiawan atau lebih dikenal sebagai Cheppy Chandra juga menutup usia di penghujung tahun 2017, tepatnya 12 Oktober 2017. Dua minggu sebelum meninggal, Cheppy sempat melakukan syuting. Cheppy meninggal setelah sempat sakit jantung dan mengonsumsi obat-obatan untuk kesehatannya.

Walau sering memerankan peran antagonis, sosok dikenal Cheppy dikenal sebagai orang baik dan ramah yang suka mengobrol dan memberikan pesan untuk menjaga kesehatan rekannya.

Pedih dan luka pasti dirasakan tak hanya keluarga namun rekan juga penggemar para artis itu. Semoga para artis yang telah dulu berpulang ke pangkuan Tuhan amalnya diterima di sisi-Nya dan keluarga, sahabat mau pun penggemar yang ditinggalkan bisa mengikhlaskan kepergian mereka. Selamat jalan, terima kasih atas karya-karyamu! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page