Entertainment Seleb Indonesia

6 Artis Legendaris yang Sosoknya tak akan Tergantikan

Oleh -

Dunia hiburan Indonesia memiliki begitu banyak artis berbakat dari berbagai usia, mulai dari yang masih kecil hingga yang sudah lanjut usia. Bahkan, beberapa artis yang telah tutup usia rasa-rasanya seperti masih ada karena karya mereka masih saja digandrungi masyarakat.

Seperti Chrisye misalnya, meski sudah berpulang beberapa tahun yang lalu, karya-karyanya masih sering dinyanyikan artis-artis generasi baru di atas panggung. Nike Ardilla, walaupun kepergiannya sudah puluhan tahun, tapi sampai saat ini sosoknya masih membekas di hati para penggemar maupun artis yang sempat menjadi sahabatnya. Selain kedua artis legendaris ini masih ada beberapa seleb yang sosoknya masih dikenang meski raganya sudah tiada, berikut ulasannya.

1. Nggak Ada Lagi yang Secantik dan Sekeren Nike Ardilla

Nike Ardilla, seorang penyanyi sekaligus aktris dan model papan atas di tahun 80an. Gadis kelahiran Bandung, 27 Desember 1975 ini terkenal karena memiliki bakat istimewa. Ia telah membintangi sedikitnya 9 judul film, 13 sinetron, serta belasan album yang terjual hingga jutaan copy. Gadis cantik yang juga dijuluki sebagai ‘Marilyn Monroe’ nya Indonesia ini menghembuskan nafas terakhir pada 19 Maret 1995 akibat kecelakaan mobil di Bandung. Kepergiannya yang mendadak dan saat masih berada di puncak karir meninggalkan duka mendalam bagi keluarga maupun para penggemarnya. Meski sudah tiada, penjualan album Nike masih berjalan dan sampai saat ini penggemar serta keluarga selalu memperingati hari kematian Nike setiap tahunnya.

2. Dono, Komedian Cerdas Cuma Warkop yang Punya

Memiliki nama asli Drs. H. Wahyu Sardono, pria yang lahir pada 30 September 1951 silam ini mengawali karirnya di dunia hiburan dengan menjadi penyiar radio Prambors. Dono kemudian membintangi film warkop yang kala itu sangat digemari masyarakat, bersama kedua rekannya Kasino dan Indro. Film warkop kemudian mengantarkan Dono menjadi salah satu komedian tersohor di Indonesia. Meski karirnya sebagai pelawak sangat gemilang, tapi Dono tak melupakan profesinya sebagai seorang dosen jurusan sosiologi di Universitas Indonesia. Pria ini tutup usia karena kanker paru-paru, 30 Desember 2001 silam pada usia 50 tahun. Walaupun kepergiannya sudah lebih dari 15 tahun, tapi sosok Dono masih tetap dikenang para penggemarnya. Terbukti sampai saat ini film warkop masih banyak diminati masyarakat dari semua kalangan.

3. Paling Cantik Sekaligus Bikin Merinding, Suzanna

Kalau kamu adalah penggemar serial horor, tentu sudah nggak asing lagi dengan sosok yang satu ini. Memiliki nama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch. Wanita berparas Indo-Eropa yang lahir di Bogor, 13 Oktober 1942 ini dinobatkan sebagai Ratu Film Horor Indonesia karena berhasil memukau penonton lewat aktingnya dalam berbagai film seperti Beranak dalam Kubur dan yang terakhir Hantu Ambulance. Suzanna tutup usia pada 15 Oktober 2008 di usia 66 tahun akibat penyakit diabetes yang ia derita. Tapi kematiannya sempat menimbulkan tanda tanya, sang suami Clift Sangra menguburkan Suzanna secara diam-diam tanpa sepengetahuan keluarga maupun publik. Menurut kabar yang beredar, Clift melakukan hal tersebut karena dalam surat wasiat Suzzanna berpesan tidak ingin ada upacara berlebihan saat dimakamkan.

4. Beningnya Suara Om Chrisye Sepanjang Jaman

Chrismansyah Rahadi atau yang biasa dikenal dengan sebutan Chrisye, salah seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu legendaris terkenal di Indonesia. Chrisye memulai karirnya dalam dunia hiburan sejak tahun 60an. Karya-karya Chrisye sangat digemari masyarakat. Berbagai lagu yang diciptakannya memiliki lirik yang syahdu dan romantis cocok dengan warna suaranya yang lembut. Chrisye tutup usia di usia 57 tahun tepatnya pada 30 Maret 2007 lalu karena penyakit kanker paru-paru. Meski sang legenda kini sudah tiada, tapi karyanya masih sering diputar dimana-mana.

5. Benyamin Sueb Nyang Kagak Ada Matinye

Satu lagi artis legendaris multitalenta, Benyamin Sueb seorang aktor, pelawak, sutradara, sekaligus penyanyi ternama di masanya. Pria kelahiran Kemayoran, 5 Maret 1939 ini memang sudah memiliki bakat seni sejak masih kecil. Merintis karir dari bawah membuat Benyamin menjadi sosok yang ramah dan rendah hati sehingga tak sedikit orang yang kagum padanya. Selama berkarir di dunia hiburan, Benyamin sudah menghasilkan sekitar 75 album dan 53 judul film. Salah satu tokoh dalam Si Doel Anak Betawi ini tutup usia pada 5 September 1995 karena serangan jantung. Meski sudah tiada, tapi hingga kini masih belum ada yang mampu menggantikan Benyamin di hati para penggemarnya.

6. Olga Syahputra Ternyata Kebaikannya di Mana-mana

Pria yang memiliki nama asli Yoga Syahputra ini lahir di Jakarta, 8 Februari 1983. Olga memulai karirnya di dunia hiburan dengan bermain di film Lenong Bocah. Meski harus menghadapi jalan yang cukup berliku, akhirnya Olga berhasil meraih kesuksesan sebagai seorang aktor, komedian, dan presenter. Sejak tahun 2012 ia tercatat telah memenangkan hingga puluhan penghargaan. Meski sempat menuai kontroversi akibat gaya bercandanya yang dianggap tidak pantas, tapi penggemar Olga tetap setia dengan idolanya. Pelantun lagu “Hancur Hatiku” ini tutup usia pada tanggal 27 Maret 2015 lalu karena penyakit radang selaput otak yang dideritanya. Banyak keluarga, sahabat, dan penggemar yang mengantarkan kepergian Olga menuju peristirahatan terakhirnya.

Inilah 6 artis legendaris dengan segudang bakat dan kebaikan yang tak akan bisa tergantikan oleh siapapun. Semoga sosok mereka bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus berusaha melakukan yang terbaik. Next

Apakah Kamu Setuju?