Seleb Indonesia

Keren! Ini Dia Artis Indonesia Keturunan Pahlawan Indonesia

Oleh -

Artis yang berasal dari keluarga selebriti memang sudah sering kita temui. Salah satu contohnya, aktor tampan Ricky Harun yang merupakan anak dari aktris Donna Harun. Namun, siapa sangka bahwa selain anak dari aktris Donna Harun, Ricky Harun juga berdarah pahlawan Indonesia.

Demikian juga dengan beberapa artis berikut yang masih memiliki darah keturunan dari para pejuang Indonesia. Siapa saja?

1. Maia Estianty

Semula tak banyak yang tahu bahwa Maia Estianty merupakan sosok artis yang memiliki garis keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia. Ya, musisi dan sekaligus mantan istri pentolan Dewa 19 ini adalah cicit dari H.O.S Cokroaminoto yang merupakan seorang pemimpin salah satu organisasi Sarekat Islam (SI).

Maia Estianty, cicit dari H.O.S Cokroaminoto
Maia Estianty, cicit dari H.O.S Cokroaminoto [imagesource]
Layaknya keturunan pahlawan nasional lainnya, ibu tiga anak ini merasa bangga menjadi salah satu cicit dari H.O.S Cokroaminoto yang diketahuinya semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. “Saya tahu menjadi keturunan H.O.S Cokroaminoto dari bapak, saat SD saya diberitahu. Pasti bangga punya eyang pejuang,” ungkap Maia Estianty. Seperti yang telah diketahui, H.O.S Cokroaminoto dikenal sebagai sosok yang mengajarkan akhlak yang baik kepada keluarganya. Karena itu, Maia pun juga merasa tertular untuk melakukan hal yang sama kepada ketiga anaknya.

2. Dian Sastro

Mungkin, beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan nama belakang artis cantik Dian Sastrowardoyo. Memang, pada dasarnya aktris dan brand ambassador Lux ini merupakan salah satu cucu atau lebih tepatnya, ayah Dian adalah anak dari pahlawan pergerakan Indonesia Prof. Sunario Sastrowardoyo atau Prof. Sunario.

Dian Sastro, cucu dari Prof. Sunario Sastrowardoyo
Dian Sastro, cucu dari Prof. Sunario Sastrowardoyo [imagesource]
Prof. Sunario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Selain menjadi salah satu dari pahlawan nasional, kakek Dian Sastro juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia yang Ke7, Menteri Perdagangan yang ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, serta Rektor Universitas Dipenegoro (Semarang) tahun 1963 silam. Tak heran, jika Dian Sastro dikenal sebagai sosok aktris yang cantik dan juga cerdas. Nampaknya, Dian memang diwarisi kecerdasan dari sang kakek.

3. Nia Dinata

Pun demikian dengan nama Nia Dinata yang masih berkaitan dengan nama salah satu pahlawan Indonesia.  Sutradara dengan nama lengkap Nurkumiati Aisyah Dewi memang merupakan anak dari Dicky Iskandar Dinata sekaligus cucu dari sang pahlawan nasional, Raden Otto Iskandar Dinata yang dikenal dengan julukan si Jalak Harupat. Nama Otto yang merupakan anggota BPUPKI dan PPKI ini semakin populer pada awal kemerdekaan Indonesia. Setelah kemerdekaan RI, Otto menjabat sebagai Menteri Negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta.

Nia Dinata, cucu dari Raden Otto Iskandar Dinata
Nia Dinata, cucu dari Raden Otto Iskandar Dinata [imagesource]
Raden Otto Iskandar Dinata diangkat sebagai Pahlawan Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973. Dan sebuah monumen perjuangan Bandung Utara di Lembang, Bandung bernama “Monumen Pasir Pahlawan” didirikan untuk mengabadikan perjuangan Otto.

4. Dewi Yull

Sementara itu, kakek diva senior Dewi Yull berkecimpung dalam media zaman perjuangan kemerdekaan RI. Adalah R.M. Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional yang dikenal sebagai Bapak Pers Indonesia setelah berjuang mendirikan surat kabar ‘Medan Prijaji’ pada tahun 1907 silam. Kakek Dewi Yull ini merupakan orang pertama yang menggunakan surat kabar sebagai alat propaganda dan pembentuk pendapat umum.

Dewi Yull, cucu dari R.M. Tirto Adhi Soerjo
Dewi Yull, cucu dari R.M. Tirto Adhi Soerjo [imagesource]
Memiliki kakek seorang pejuang kemerdekaan tentu membuat penyanyi kelahiran 10 Mei 1961 ini merasa bangga. Sebagai bagian dari keluarga pahlawan, Dewi Yull kerap menghadiri acara silaturahmi keluarga besar Ikatan Keluarga Pahlawan Indonesia (IKPI). “Saya senang dan bahagia bisa berada di tengah acara ini dengan keluarga besar IKPNI, silaturahmi penting karena kita tidak bisa lupa dengan sejarah,” ungkapnya dilansir dari nrmnews.com.

5. Setiawan Djodi

Musisi senior Setiawan Djody juga merupakan cucu dari pahlawan penggagas organisasi Budi Utomo. Djody yang pernah bergabung dalam grup musik SWAMI ini adalah cucu Dr. Wahidin Soedirohoesodo atau (Dr. Wahidin Sudirohusodo), salah satu pahlawan Indonesia yang namanya selalu dikaitkan dengan organisasi Budi Utomo.

Setiawan Djodi, cucu cucu Dr. Wahidin Soedirohoesodo
Setiawan Djodi, cucu cucu Dr. Wahidin Soedirohoesodo [imagesource]
Kendati bukan pendiri, namun Dr. Wahidin adalah penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar  School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Jakarta tersebut. Dr. Wahidin sering dikenal sebagai sosok pahlawan yang sangat akrab dengan rakyat. Karena itu, beliau banyak tahu tentang penderitaan dan tertindasnya rakyat pada zaman penjajahan Belanda. Dan sebagai seorang dokter, Dr. Wahidin mengobati rakyat tanpa memungut biaya.

6. Ricky Harun

Tak ketinggalan, aktor tampan Ricky Harun juga memiliki darah keturunan presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Pemain sinetron Ganteng Ganteng Srigala ini merupakan anak sulung pasangan Donna Harun dan Hendra Rahtomo. Jika Donna Harun merupakan aktris Indonesia, ayah Ricky Harun adalah anak dari politisi Rachmawati Soekarnoputri dan cucu dari Presiden Soekarno.

Ricky Harun, cicit dari Ir. Soekarno
Ricky Harun, cicit dari Ir. Soekarno [imagesource]
Ricky Harun lahir bahkan beberapa tahun setelah Presiden Soekarno meninggal. Kendati belum sempat bertemu dengan sang kakek, namun aktor kelahiran 12 Juni 1987 ini merasa bangga menjadi bagian dari keluarga Ir. Soekarno. Next

Apakah Kamu Setuju?