Seleb Indonesia

Artis Dangdut Fenomenal Yang Kini Tak Terdengar Kabarnya

Oleh -

Musik dangdut yang kini kembali populer juga menghadirkan beberapa penyanyi dangdut pendatang baru. Di antaranya Cita-Citata yang sukses melambung melalui lagu Goyang Dumang dan Sakitnya Tuh di Sini. Selain Cita-Citata, tentu masih banyak lagi nama-nama pedangdut yang tak kalah fenomenal.

Berbicara tentang penyanyi dangdut fenomenal, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa pedangdut senior berikut.

1. Ikke Nurjanah

Semasa kecil, pedangdut dengan nama lengkap Ikke Hartini Erpi Nurjanah ini memiliki cita-cita bukan menjadi penyanyi, melainkan menjadi guru TK. Namun, siapa sangka Ikke Nurjanah malah sukses sebagai penyanyi dengan suaranya yang khas. Bahkan, sampai saat ini wanita kelahiran 18 Mei 1974 tersebut masih belum percaya bahwa dirinya dikenal khalayak orang sebagai penyanyi bersuara merdu.

Ikke Nurjanah (c) liputan6
Ikke Nurjanah (c) liputan6

Saat di atas panggung, Ikke Nurjanah tampil dengan busana panggung yang sopan yang sudah menjadi ciri khasnya. Ikke menghindari menggunakan kostum nyanyi yang norak, goyangan seronok, lirikan genit, hingga suara yang mendesah. Kendati demikian, lagu-lagu Ikke Nurjanah sangat laris seperti Memandangmu, Terlena, Sun Sing Suwe serta masih banyak lagu hits lainnya.

2. Evie Tamala

Penyanyi dangdut yang satu ini dikenal dengan suaranya yang ‘manja’. Dengan suaranya yang merdu dan manja, Evie Tamala sukses di dunia dangdut Indonesia dengan lagu-lagunya yang sering dinyanyikan hingga sekarang. Seperti Selamat Malam, Kandas, Aku Rindu Padamu yang kerap dibawakan saat audisi dangdut Indonesia.

Evie Tamala (c) tribunnews
Evie Tamala (c) tribunnews

Awal karir pemilik nama asli Cucu Suryaningsih ini tidaklah berjalan mulus. Album perdana Evie Tamala terbilang gagal total. Kendati pun gagal di langkah awal, namun hal tersebut tak membuat nyalinya ciut untuk terus berkarya di musik tanah air. Pedangdut yang saat ini mengenakan hijab kembali membuat album dan akhirnya bisa diterima oleh masyarakat banyak.

3. Uut Permatasari

Penyanyi dangdut Uut Permatasari mulai dikenal banyak orang melalui lagu Putri Panggung. Sebuah lagu pertamanya yang membuat namanya melambung serta menjadi maskot acara Laris Manis di SCTV. Selain dikenal dengan lagu Putri Panggung, aktris asal Sidoarjo ini juga dikenal dengan goyang ngecor, goyangan dangdut yang fenomenal dengan mengangkat satu kaki sambil berputar.

Uut Permatasari (c) instagram
Uut Permatasari (c) instagram

Pada dasarnya, pemilik nama asli Utami Suryaningsih ini memang suka menyanyi sejak kecil. Uut kerap kali memenangkan lomba bernyanyi mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten. Namun sayangnya, pada tahun 2007 lalu Uut tersandung kasus di mana dia dituduh telah ‘mencuri’ lagu Ketahuan miliki group band Matta.

4. Camellia Malik

Jika Indonesia memiliki Krisdayanti sebagai diva musik pop, ada juga Camelia Malik yang dikenal sebagai ‘Diva Dangdut Jaipong’ Indonesia. Hal ini disebabkan aktris dan penyanyi kelahiran Jakarta 22 April 1955 ini memiliki tari jaipong saat membawakan lagu dangdut. Pada dasarnya, wanita yang akrab disapa Mia ini terjun menjadi penyanyi pada tahun 1970an saat sang suami menawarinya untuk membawakan lagu ‘Colak colek’ yang cukup populer kala itu.

Camellia Malik (c) pasbanget
Camellia Malik (c) pasbanget

Bahkan, lagu perdana Mia ini sangat sukses dan tak kalah terkenal dari pedangdut fenomenal lainnya seperti Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, serta Ellya Khadam. Kesuksesan lagu Colak Colek memperkokoh posisi Mia sebagai penyanyi dangdut senior. Selain lagu Colak Colek, beberapa lagu hits Camelia Malik di antaranya Wakuncar, Rekayasa Cinta, dan Rindu Berat.

5. Elvy Sukaesih

Oleh kalangan penggemar musik dangdut, pemilik nama asli Else Sukaesih ini disebut sebagai Ratu Dangdut. Elvy Sukaesih merupakan salah satu pedangdut senior Indonesia yang sangat populer dengan lagu-lagunya yang fenomenal. Sama halnya dengan lagu pedangdut senior lainnya, lagu yang dinyanyikan Elvy Sukaesih masih sering dibawakan oleh penyanyi dangdut pendatang baru saat ini.

Elvy Sukaesih (c) tvguide
Elvy Sukaesih (c) tvguide

Bakat nyanyi artis senior kelahiran 25 Juni 1951 ini diberikan oleh ayahnya yang merupakan seorang pemusik di Jawa Barat. Elvy sendiri mulai menyanyi bahkan sejak masih duduk di bangku kelas 3 SD mengikuti ayahnya mengisi acara pernikahan di Sukabumi. Namun, karirnya sebagai pedangdut dimulai saat duet dengan Rhoma Irama di Soneta Grup. Lagu-lagu Elvy yang populer antara lain Bisik-Bisik Tetangga, Kereta Malam, dan beberapa lainnya.

6. Annisa Bahar

Jika Uut Permatasari dikenal dengan goyang ngecor dengan kaki yang terangkat, pedangdut Annisa Bahar terkenal melalui goyang patah-patah yang menjadi ciri khasnya. Annisa Bahar merupakan generasi kedua anggota keluarga Bahar yang terjun sebagai penyanyi. Salah satu lagu Annisa Bahar yang terkenal adalah Ratu Goyang.

Anisa Bahar (c) kapanlagi
Anisa Bahar (c) kapanlagi

Lagu-lagu Annisa Bahar memang tidak se-populer penyanyi dangdut yang disebutkan sebelumnya. Namun, goyang patah-patah terbilang cukup fenomenal kendati sempat menimbulkan kontroversial dan beberapa tempat menolak penampilannya. Tak lama terdengar kabar, rupanya bakat sebagai penyanyi dangdut telah dia turunkan pada putrinya, Juwita Bahar.

7. Denada

Nama Denada sangat populer di kalangan pecinta musik dangdut Indonesia. Penyanyi dangdut dengan nama lengkap Denada Elizabeth Anggia Ayu Tambunan ini merupakan putri sulung dari Emilia Contessa dan Rio Tambunan, pasangan musisi tanah air yang juga terkenal.

Denada (c)indopos
Denada (c)indopos

Sebelum terjun sebagai penyanyi dangdut, Denada mengawali karirnya sebagai rapper papan atas Indonesia tahun 1990an. Namun, sekembalinya ke Indonesia setelah menempuh pendidikan di Australia, Denada mengubah aliran menjadi penyanyi dangdut. Lagu dangdut yang dibawakan Denada cukup populer dan mampu meraih penghargaan musik. Di antaranya Ketika Cinta Telah Bicara, Kujelang Hari, dan Persembahan. Next

Apakah Kamu Setuju?