January 5, 2024

Semakin banyak sosok androgini di Indonesia, terutama dari kalangan fashionista dan entertainment. Belakangan kita dibikin geger sama istrinya Aming Sugandhi yang macho banget, bahkan sempat dibikin ternganga lihat cantik eksotisnya sepupu Aurel. Mungkin banyak di antara kita yang geleng-geleng kepala lihatnya.

Gaya androgini sendiri dipengaruhi oleh kepribadian dan seringkali diekspresikan lewat penampilan. Yang cowok bisa kelihatan cantik banget, dan yang cewek bisa gantengnya nggak ketulungan. Nah, di Indonesia punya nih beberapa public figure yang terkenal dengan aksen androgininya.

1. Jovi Adhiguna, Vlogger Fashionable yang Gokil

Jovi Adhiguna Hunter adalah salah satu dari The Hunter Siblings, sepasang saudara yang makeup dan fashion junkies abis! Nah, Jovi ini adalah salah satu vlogger ngehits dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai pria tulen yang selalu tampil kece badai, Jovi sangat terang-terangan mengekspresikan gayanya. Mulai dari pakai wedges, clutch, makeup dan sebagainya. Salah satu gaya khasnya adalah menggunakan yang serba hitam atau oversized fashion.

Yang unik dari vlogger satu ini adalah, di balik kecantikannya, Jovi sangat petakilan, usil, bahkan kadang menggila saat tampil di vlognya. Apalagi kalau dia lagi ngeluarin suara machonya yang ‘greng’ banget itu. Selain sebagai vlogger, Jovi adalah seorang fashion designer yang tengah membesut brandnya sendiri. Wah, mau menyusul Oscar Lawalata dan Tex Saverio nih sepertinya.

2. Evelyn dan Aming, Pasangan Androgini yang Saling Mengisi

Yap, satu paket pasutri ini menjadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir. Setelah sempat dipertanyakan statusnya, Evelyn belakangan ini malah jadi populer dan punya banyak penggemar. Pasca pernikahannya, Aming memang kerap mendokumentasikan kemesraan mereka yang lucu dan unik banget. Selain itu, Evelyn juga mulai sedikit-sedikit memposting foto masa kecil dan saudaranya.

Pasangana Androgini yang saling melengkapi.
Pasangana Androgini yang saling melengkapi.

Karena keunikan gaya mereka yang saling mengisi (Aming yang gemulai dan Evelin yang maskulin), mereka sepertinya bakal jadi pasangan androgini paling banyak fans. Apalagi setelah Aming memposting video daily life mereka di Youtube, makin banyak yang ‘kepo’ tentang kehidupan mereka. Dan yang hampir jadi haters, kini alih-alih berubah jadi fans atau subscribers. Ciyeee..

3. Millendaru Prakasa Lebih Pinter Dandan dari Perempuan

Sepupu Aurel yang satu ini memang OMG banget. Kita bakalan susah mendeskripsikan dia ini cantik atau ganteng, karena Millen punya keduanya. Nama Millendaru Prakasa belakangan meroket juga bukan karena Aurel atau masih satu trah dengan Ashanty dan Anang Hermansyah, tapi karena dia sepertinya lebih pinter pakai makeup daripada cewek itu sendiri.

Millen yang selalu kece kalau dandan.
Millen yang selalu kece kalau dandan.

Wajah Millen yang eksotis sepintas mengingatkan kita pada wajah salah satu news anchor cantik, Shahnaz Soehartono. Cowok dengan nama beken Millen Cyrus ini sendiri sepertinya memang sudah ‘gape’ banget pakai makeup. Dia jarang kelihatan menor dan selalu bisa memilih warna lipstik yang pas. Aawww Ahmad Sahroni Ahmad Sahroni

4. Tex Saverio Wajahnya Secantik Boneka

Setelah Oscar Lawalata, boleh jadi Tex Saverio adalah desainer muda Indonesia yang cukup menarik perhatian. Sudah karyanya dipakai artis sekelas Lady Gaga, gaun besutan tangannya selalu extraordinary, yang bikin pun cantiknya luar biasa.

Si ganteng yang seperti boneka hidup.
Si ganteng yang seperti boneka hidup.

Ya, Tex Saverio mencuri perhatian banyak perempuan Indonesia bukan gara-gara ganteng, tapi malah gara-gara cantik. Tex adalah salah satu desainer yang jarang tampil atau bicara di depan publik. Lebih banyak terdengar cerita mengenai prestasi dan kiprah karya-karyanya daripada kehidupan pribadinya sendiri.

5. Darell Ferhostan, Nggak Diapa-apain Juga Cakep

Satu lagi wajah yang nggak perlu pakai makeup aja udah kelihatan cantik. Nama Darell Ferhostan memang melejit beberapa tahun lalu karena jadi model androgini Indonesia. Beneran deh, jadi model maupun di hari-hari biasa, kita bisa ‘ketipu’ sama wajahnya yang cewek banget.

Darell Ferhostan yang asli androgini.
Darell Ferhostan yang asli androgini.

Salah satu model di Wynn Models Indonesia ini juga jarang diketahui tentang kehidupan pribadinya. Di akun instagram, Darell lebih sering memposting aktivitas modellingnya yang sering kelihatan ‘ajaib’. Pria kelahiran 1991 ini di kesehariannya sering tampil polos dan santai, bikin cewek bingung pengen naksir dia gegara ganteng atau cantik.

6. Oscar Lawalata yang Mirip Dian Sastro

Namanya memang semewah karya-karyanya. Desainer yang juga saudara dari Mario Lawalata ini memang punya paras dan sikap anggun. Sering lho Oscar tampil menggunakan pakaian dengan aksen Indonesia, seperti batik atau kain tenun lainnya. Yang bikin salut dari Oscar adalah perjuangannya dari titik nol untuk bisa menjadi desainer kenamaan seperti sekarang.

Oscar Lawalata, 'kembarannya' Dian Sastro.
Oscar Lawalata, ‘kembarannya’ Dian Sastro.

Untuk masalah penampilan, Oscar lebih sering terlihat polosan dan casual. Jarang menggunakan makeup dan styling khusus. Sepertinya pakaian apa yang dikenakannya sehari-hari, lebih menunjukkan kecantikan dan uniknya pribadi Oscar. Baru-baru ini Oscar sudah tidak lagi berambut panjang dan memilih model rambut yang lebih pendek.

Nah, itulah tadi deretan public figure androgininya Indonesia. Perlu digarisbawahi bahwa androgini jelas berbeda dengan transgender, apalagi waria. Keenam tokoh di atas memang menonjol selain karena ‘kecantikannya’, juga karena karya dan ekspresifnya mereka dalam memilih jalan hidup.

Well, uniknya justru yang androgini begini yang sering punya banyak fans, terutama perempuan. Yang pasti, take the lesson and inspiration-nya ya. Dan pedelah jadi dirimu sendiri, agar potensi kamu juga ikut bersinar Ahmad Sahroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *