LifeStyle

Suka Makan Sashimi, Perut Anak Perempuan ini Malah Jadi Sarang Cacing Pita Sepanjang 2,6 Meter

Oleh -

Bagi masyarakat pada umumnya, makanan luar negeri khususnya Jepang seperti sushi dan sashimi tentu sangat menggugah selera. Selain tampilannya yang menarik, dan rasa yang enak, makanan ini juga berbahan dasar ikan mentah sehingga rendah lemak.

Tapi ternyata di balik kelezatannya, para penikmat sushi dan sashimi tetap patut berhati-hati. Sebab jika ikan yang digunakan sebagai bahan dasar sudah terkontaminasi, maka bisa jadi kesehatan bahkan nyawa kamu lah yang akan terancam, seperti kisah seorang anak perempuan dari Taiwan berikut ini.

1. Merasa gatal-gatal di perut

Seorang anak perempuan berusia 8 tahun mengeluh perut bagian dalamnya terasa gatal. Sebelum merasakan gatal, anak perempuan yang tidak disebutkan namanya itu baru saja menyantap sushi di sebuah restoran yang berada di kota Taipei.

2. Dokter memeriksanya dan menemukan ini

Setelah mendengar pengakuan anak tersebut, dokter lalu memeriksanya. Dan nggak disangka, ternyata ditemukan cacing pita berukuran 2,6 meter di dalam perut si anak.

3. Perutnya dioperasi dan ditemukan fakta mengejutkan

Karena berbahaya, perut anak itu pun dioperasi demi mengeluarkan cacing pita yang ada di dalam perutnya. Menurut keterangan dokter yang menangani anak tersebut, cacing yang bersarang di tubuhnya adalah jenis diphyllobothrium latum atau lebih sering disebut cacing pita lebar, dengan ukuran paling besar yang pernah menyerang tubuh manusia. Cacing tersebut sudah bersarang di dalam tubuh gadis kecil itu selama sekitar lebih dari 1 bulan.

4. Ternyata penggemar sushi dan sashimi

Pihak keluarga gadis kecil tersebut mengaku bahwa anaknya memang gemar sekali makan sushi dan sashimi. Padahal biasanya cacing pita mudah berkembang dalam tubuh manusia jika memakan daging atau ikan mentah yang sudah terkontaminasi.

5. Berbahaya bagi tubuh

Terlalu sering mengkonsumsi ikan mentah rupanya bisa berakibat fatal pada kesehatan. Sebab, bisa saja ikan tersebut mengandung cacing kecil dan masuk ke dalam usus kita dan mengakibatkan penyakit anisakiasis. Seseorang yang terkena penyakit tersebut dapat mengalami sakit perut, muntah dan demam. Tak hanya sampai di situ saja, dalam kasus yang lebih parah penderita bisa saja mengalami detak jantung yang tidak menentu, gagal napas, hingga berujung kematian. Beberapa penyakit lain seperti jantung, terkena kadar merkuri berbahaya, serta timbulnya masalah pada sistem otak dan saraf, bisa menyerang siapa saja yang terlalu sering mengkonsumsi sushi dan sashimi.

Waduh, ternyata makan sushi dan sashimi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan ya. Jadi mulai dari sekarang, kurangi kebiasaan konsumsi ikan mentah demi menjaga tubuh kita. Makan boleh, tapi sewajarnya saja jangan terlalu sering. Next

Apakah Kamu Setuju?