Entertainment inspirasi Seleb Indonesia

Kena Katarak Usia 3 Bulan, Begini Harunya Perjuangan “Ibran” Anak Sulung Asri Welas Untuk Bisa Melihat Dunia

Oleh -

April 2017 lalu, menjadi bulan yang membahagiakan untuk Asri Welas. Pasalnya artis berusia 38 tahun tersebut melahirkan bayi laki-laki yang telah ditunggu kehadirannya selama 8 tahun. Mendapat kepercayaan dari Yang maha Kuasa untuk kembali menjadi orang tua lagi, tentu membuat Asri dan Galiech luar biasa senang.

Bayi laki-laki tersebut diberi nama Rayyan Gibran Ridha Rahardja yang biasa dipanggil dengan sebutan Ibran. Sayangnya belum genap enam bulan menjadi seorang Ibu, Asri harus mengalami cobaan yang berat. Dokter memvonis Ibran menderita penyakit katarak saat usianya masih 3 bulan. Berikut kisah pilu Asri Welas yang harus berjuang demi penyakit sang buah hati.

1. Asri merasa dunianya runtuh saat pertama kali menerima vonis dari dokter

Saat pertama kali Prof. Rita mengatakan jika Ibran terkena katarak yang menghalangi pandangan di kedua matanya, Asri merasa seperti langit tiba-tiba runtuh. Penyakit katarak ini menyebabkan lensa mata bayi yang berwarna hitam tertutup oleh noda berwarna kebau-abuan yang disebut sebagai katarak kongenital.

Pada kebanyakan kasus, biasanya hal ini tidak terlalu berdampak pada penglihatan bayi namun untuk kasus yang parah dapat menyebabkan kebutaan. Penyebab katarak kongenital ini bisa jadi faktor keturunan, infeksi, masalah metabolik, diabetes, trauma, inflamasi, atau karena reaksi obat.

2. Ibran harus menjalani operasi pengangkatan katarak pada mata kanan

Usai divonis menderita katarak, Ibran harus menjalani serangkaian tes. Mulai dari tes virus rubela dan tokso, serta cek up kondisi jantung dan otak. Menurut Asri, selama kehamilan dirinya bersih dari virus rubela ataupun tokso, dan di tubuh Ibran sendiri juga tidak terdeteksi dua virus tersebut. Sementara kondisi jantungnya juga tak ada yang bocor, otaknya juga bebas dari virus. Oleh karena itu untuk tahap awal, Ibran harus menjalani pengangkatan katarak pada mata bagian kanannya.

3. Setelah operasi mata kanan berjalan lancar dilanjutkan dengan operasi mata kiri

Usai dua minggu masa recovery setelah menjalani operasi, Prof Rita lebih dulu memastikan kondisi mata kanan Ibra karena meski operasi sukses, masih ada kemungkinan lain yang bisa muncul. Untunya semua kondisi syaraf mata dalam kondisi baik, Ibran juga bisa melihat dengan bantuan kacamata +16. Kini ia harus kembali mengalami operasi untuk pengangkatan katarak di mata kirinya, supaya kedua matanya dapat berfungsi secara normal kembali.

4. Operasi mata berjalan lancar, Ibram harus menggunakan selang untuk alat bantu minum.

Tak hanya sampai di situ, Ibran juga sempat mengalami diare dan infeksi saluran kemih sehingga membutuhkan tambahan darah O+ untuk proses transfusi. Karena masih berusia 5 bulandan pembuluh venanya kecil, darah jadi susak masuk ke dalam tubuh.

Hal ini membuat tangannya bengkak dan Asri membutuhkan tambahan darah O+ lagi untuk transfusi. Ia juga sempat menuliskan di Instagram jika dirinya butuh donor darah O+ untuk putranya. Ditangani langsung oleh dokter bedah khusus, alhamdulillah proses transfusi berjalan lancar.

6. Karena pengalamannya, Asri punya pesan khusus untuk para wanita

Dengan pengalaman pahit ini, Asri punya pesan khusus kepada para wanita. Ia memberikan saran kepada para pasangan yang baru menikah dan ingin punya momongan alangkah baiknya untuk cek tokso, rubela, dan tors lebih dahulu. Hal ini dimaksudkan supaya ketika hamil nanti kondisi janin dan bayi pasca melahirkan dalam keadaan sehat.

7. Ketabahan dan kekuatan hati Asri membuat rekan-rekan artis salut

Penyakit yang menimpa putra sulung Asri tersebut membuat prihatin rekan-rekan artis lainnya. Salah satunya Ruben Onshu. Menurut Ruben, peristiwa yang menimpa Asri ini jadi pelajaran untuk semua orang agar memperhatikan para wanita yang berada dalam kondisi hamil baik itu waktu istirahat atau pola makan. Jika ia yang berada di posisi Asri, pasti belum tentu bisa kuat dan tabah melewati cobaan tersebut seperti Asri. Ruben bahkan sempat khawatir jika akan punya anak lagi.

Kita bantu doa ya semoga Ibran segera sembuh dan tumbuh menjadi anak sehat, serta Asris elalu diberi kekuatan serta ketabahan menghadapi cobaan ini, amin. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page