LifeStyle tips trik

Sering Merasa Lemas saat Berpuasa? Lakukan 7 Hal ini Agar Tubuhmu Lebih Segar

Oleh -

Berpuasa berarti mewajibkan kita untuk menahan hawa nafsu termasuk makan dan minum. Tidak mengkonsumsi makanan dan air selama sekitar 14 jam membuat tubuh kita mudah terasa lemas dan lunglai.

Selain itu wajah juga menjadi pucat dan penampilan jadi tak sesegar biasanya. Jika kamu hanya berada di rumah, hal ini mungkin tidak terlalu berarti bagimu. Tapi untuk mereka yang memiliki kegiatan padat di luar rumah, kesegaran tubuh dan penampilan cukup penting saat berhadapan dengan banyak orang. Nah, untuk menanggulangi masalah ini, coba lakukan beberapa hal berikut.

1. Makan makanan sehat dan bergizi

Hal yang paling utama untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar selama berpuasa adalah dengan mengkonsumi makanan sehat dan bergizi. Usahakan setiap buka dan sahur kebutuhan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh selalu terpenuhi. Jangan makan berlebihan dan hindari konsumsi makanan berlemak agar berat badanmu tetap seimbang. Jika ada kurma, konsumsi beberapa butir saat berbuka karena buah ini bermanfaat bagi tubuh.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih

70 persen tubuh manusia terdiri atas cairan, karena itu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari adalah salah satu hal penting untuk menjaga badan tetap sehat. Agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi selama berpuasa, usahakan konsumsi minimal 8 gelas air putih dengan pembagian 6 gelas saat berbuka hingga menjelang sahur dan 2 gelas saat sahur. Jika bisa lebih banyak, maka akan lebih baik.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Makanan berserat seperti buah dan sayur dapat membantumu menahan lapar lebih lama serta mencegah masalah pencernaan. Selain itu, vitamin dan gizi yang terkandung dalam buah dan sayur mampu menjaga tubuhmu agar tetap sehat.

4. Istirahat yang cukup

Jika tidak ada keperluan penting, sebaiknya hindari begadang selama Bulan Ramadhan kecuali untuk ibadah. Karena tubuhmu juga butuh istirahat yang cukup. Dengan menjaga waktu istirahat, kamu bisa terhindar dari kantuk di siang hari dan terlambat bangun sahur. Selain itu badanmu akan tetap terasa segar sepanjang hari.

5. Olahraga teratur

Meski sedang bepuasa, bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan melakukan olahraga. Nggak perlu kuras tenaga terlalu banyak, cukup lakukan olahraga yang sederhana seperti bersepeda atau jalan kaki mengitari komplek rumah selama 30 menit. Kegiatan ini bisa membantumu tetap segar dan bugar selama berpuasa.

6. Minum vitamin tambahan atau madu

Selain mengkonsumsi makanan utama, minum sesendok madu atau sebutir vitamin saat sahur juga berguna untuk menjaga stamina. Salah satunya adalah agar tetap lancar beraktivitas seharian terutama bagi mereka yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah.

7. Pakai make up biar tetap fresh

Berpuasa seringnya membuat orang terlihat lebih lemas dan pucat. Agar penampilanmu tetap terjaga dan terlihat menarik selama bulan Ramadhan, nggak ada salahnya jika kamu aplikasikan sedikit make-up ke wajah. Cukup yang natural saja dan nggak perlu berlebihan. Pelembab wajah dan bibir jangan sampai lupa, agar kulitmu nggak kering dan kusam. Dan yang terakhir berhati-hati agar lipsticknya nggak tertelan.

Inilah 7 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh dan wajahmu agar tetap segar dan bugar selama berpuasa. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah disamping kesibukan sehari-hari. Next

Apakah Kamu Setuju?