LifeStyle tips trik

Sering Terlambat Sahur? Lakukan 7 Hal ini Agar Kamu nggak Kesiangan Lagi!

Oleh -

Di bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan atau 30 hari. Dalam berpuasa ada salah satu sunnah, yaitu sahur yang merupakan kegiatan makan pada dini hari sebelum melaksanakan ibadah puasa

Di awal bulan Ramadhan ada saja yang masih terlambat sahur terutama bagi mereka yang tinggal sendirian. Karena kesiangan, akhirnya gagal sahur dan nggak jadi puasa, waduh jadi bolong satu deh. Buat kamu yang masih kesulitan bangun sahur, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa kamu terapkan.

1. Latihan bangun dini hari dengan perbanyak puasa sunnah

Karena puasa wajib hanya ada setahun sekali, biar terbiasa dan nggak kaget waktu Bulan Ramadhan tiba ada baiknya kamu membiasakan diri dengan melakukan puasa sunnah. Misalnya puasa Senin-Kamis dan puasa Daud yang bisa dilakukan pada hari-hari biasa tanpa menunggu tanggal tertentu. Anggap saja seperti menyelam sambil minum air, sambil latihan membiasakan diri berpuasa sekaligus memperbanyak ibadah. Nah semakin sering kamu berpuasa, maka semakin terbiasa juga kamu bangun dini hari. Jadi sewaktu Bulan Ramadhan tiba kamu sudah nggak perlu takut terlambat sahur.

2. Niatkan diri untuk bangun sahur

Niat adalah hal yang paling utama setiap kali akan menjalankan ibadah. Sebelum tidur, ucapkan niatmu untuk bangun sahur di jam tertentu. Ini akan membantumu bangun tepat waktu karena kalau sudah punya niat yang kuat, maka kamu pasti akan bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya.

3. Pasang jam alarm

Walaupun sudah punya niat untuk bangun sahur, ada baiknya kamu berjaga-jaga dengan mengatur jam alarm. Setting waktunya beberapa menit lebih awal sebelum kamu melaksanakan sahur agar tubuhmu benar-benar siap untuk bangun. Setelah selesai, letakkan jam alarm di dekat tempat tidur agar saat berdering kamu bisa mendengarnya dengan jelas.

4. Buka puasa secukupnya saja

Saat buka puasa tiba, kebanyakan orang melakukan ‘balas dendam’ dengan mengkonsumsi banyak makanan. Padahal, kebiasaan ini tidak baik untuk tubuhmu. Selain bisa membuat badan semakin gemuk dan lemak menumpuk, makan berlebihan saat berbuka bisa membuatmu semakin malas bangunh sahur karena perut masih terasa kenyang.

5. Maksimalkan istirahat di malam hari

Kurang tidur dan kelelahan bisa jadi salah satu penyebab terlambat bangun sahur. Karena itu sebaiknya kurangi kebiasaan begadang apalagi hanya untuk hal yang tidak penting. Setelah sholat tarawih dan mengaji, segerakan diri untuk beristirahat maksimal pukul 10 malam. Dengan begini kebutuhan tidur akan tercukupi dan kamu lebih mudah bangun pagi.

6. Minta tolong dibangunkan keluarga

Cara mudah lainnya agar kamu tidak terlambat bangun sahur adalah dengan minta tolong dibangunkan oleh salah satu anggota keluargamu. Tapi jangan lupa untuk tidak mengunci pintu kamar agar mereka bisa masuk. Atau jika kamu adalah anak kos dan hidup sendiri, bisa juga minta bantu dibangunkan oleh tetangga sebelah kamar.

7. Melakukan sholat malam

Kalau kamu sudah terbiasa melakukan sholat malam seperti tahajud, maka ini akan mempermudah kamu untuk bangun bahkan lebih awal dari saat sahur. Tapi pastikan untuk tidak kembali tidur setelah melaksanakan sholat, karena bisa-bisa nanti kamu malah kesiangan.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak lagi terlambat bangun sahur. Semoga bisa membantu kamu yang kesulitan bangun dini hari sehingga ibadah puasamu jadi lebih lancar. Selamat berpuasa! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page