Seleb Indonesia

Sakit, Kondisi Aktor Laga Advent Bangun Bikin Miris

Oleh -

Nama  Advent Bangun memang begitu diperhitungkan di industri film Indonesia pada era tahun 80-an. Dikenal sebagai aktor laga yang tangguh, pria berusia 65 tahun itu memiliki prestasi luar biasa sebagai juara karateka nasional selama 12 tahun lamanya. Namun di usianya yang kini sudah uzur, kehidupan Advent justru menyedihkan.

Kini Advent dilaporkan tengah tergeletak sakit tak berdaya di Rumah Sakit Fatmawati karena mengalami gagal ginjal. Rupanya rekan dari aktor laga Willy Dozan ini sudah menderita diabetes sejak tahun 2005, atau hampir 13 tahun lamanya. Dan setahun terakhir ini, Advent harus terus melakukan transfusi darah, seperti dilansir Viva.

Sudah membintangi lebih dari 60 judul film, Advent yang identik dengan peran antagonis ini dikenal dengan tubuhnya yang penuh otot dan kekar. Namun saat ini, Advent tak ubahnya seorang pria tua dengan kulit keriput yang kurus dan tubuhnya yang tampak tulang. Jelas sekali penampilan Advent ini membuat banyak orang miris.

Mengetahui Advent yang tengah sakit, Willy pun beberapa hari lalu menyempatkan diri menjenguk. Kepada Hot Shot SCTV, pemain sinetron Deru Debu ini berkomentar, “Ketemu dengan bang Advent. Keadaannya dari kritis sudah sedikit membaik dan sudah cuci darah. Donor sudah dapat, golongan darah O, sudah ditransfusi. Ya, mudah-mudahan akan cepat lebih baik. Bang Advent ini sakit sudah cukup lama. Sempat gejala stroke sampai pakai kursi roda. Sudah membaik, belakangan ini baru kena ginjal. Jadi ya agak sedikit komplikasi jadinya.”

Film-film Advent Bangun

Meskipun cuma bisa berbaring, Advent sempat menangis. “Ya, melotot saja dia. Melotot, diam, kira-kira dua-tiga detik, keluar air mata dia. Yang dulu saya mengenal dia, sifatnya agak tinggi hati, egois, bicara sama siapa pun tidak mau mengalah. Tapi terakhir, perubahan besar sekali dalam hidup dia, yaitu tahun 1998 menjelang dia mau jadi pendeta. Dia bilang jual rumah, disumbangkan ke gereja. Sudah berbeda sekali sekarang. Kepada masyarakat yang mengenal bang Advent, sekarang dia dalam keadaan lemah, dia bukan yang dulu. Jadi bantu doa.”

Demi memenuhi kebutuhan akan darah golongan O, keluarga sempat mencari pendonor untuk Advent. Dan untuk membantu pengobatannya, Komunitas Aktor laga berencana melakukan penggalangan dana untuk mengurangi beban keluarga Advent. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page